EDUKASI DUIT: Prinsip Memulai Pekerjaan 'Freelance'

Era sekarang ini, bekerja sampingan atau menjadi seorang freelance menjadi pilihan. Bahkan, ada pula pekerjaan freelance yang memberikan pendapatan yang menggiukkan dibandingkan dengan pekerja bulanan.
News Writer | 12 April 2018 13:40 WIB
Goenardjoadi Goenawan. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Era sekarang ini, bekerja sampingan atau menjadi seorang freelance menjadi pilihan. Bahkan, ada pula pekerjaan freelance yang memberikan pendapatan yang menggiukkan dibandingkan dengan pekerja bulanan.

Tentu tidak semua jenis pekerjaan bisa dilakukan secara freelance. Maka, Anda yang ingin kerja freelance harus memperhatikan kemampuan dasar yang Anda miliki. Akar pekerjaan freelance adalah memahami kebutuhan orang lain.  Bagaimana Anda tahu kebutuhan orang bila tidak bisa ketemu orang?

Maka, biasanya agar bertemu dengan orang lain untuk memulai pekerjaan freelance dimulai dengan grup media sosial. Grup whatsaapp (WA) tetangga satu perumahan, kalau perlu tetangganya orang kaya. Coba kita lihat,  hampir semuanya opportunity adalah bersifat referral. 

Misalnya, ada tetangga Anda yang mencari informasi tukang servis AC, cari produk furnitur, cari tukang teralis, dan lainnya.

Selain itu, sering sebuah peluang mulai dari saat seseorang pensiun.  Ada berita pilihan kota terbaik untuk pensiun nomor satunya Yogyakarta.  Maka Anda bisa survei adakah rumah yang murah tetapi di belakang Malioboro.

Saat anda pensiun,  profesi apa yang bisa dikerjakan? Kebutuhan manusia adalah rasa optimisme.  Optimisme ini paling sulit diperoleh karena pada saat ekonomi menurun semuanya lesu darah.  Mengapa anda kok tidak lesu darah ? Apakah Anda cermat dengan keadaan masa depan membaik? 

Mengapa Presiden Jokowi selalu optimistis?  Bukan Karena hobinya optimistis namun sebagai pemimpin memang harus optimistis. 

Maka, bisa saja Anda memulai pekerjaan freelance sebagai motivator, sebagai pembicara, bertukar pengalaman sukses dengan orang lain.

Jadi, jangan pernah takut untuk memulai sebuah usaha secara mandiri. Semuanya berawal dari titik yang sama, memahami kebutuhan orang lain.

Penulis

Ir Goenardjoadi Goenawan, MM

Motivator Uang.

Penulis buku seri "Money Intelligent" dan buku “New Money”

Untuk pertanyaan bisa diajukan lewat: goenardjoadigoenawan@gmail.com

Tag : pekerjaan, Edukasi Duit
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top