Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BRI Siap Luncurkan Teknologi QR Code pada Agustus 2018

Bisnis.com, JAKARTA PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. berencana meluncurkan fasilitas sistem pembayaran berbasis Quick Response Code (QR code) pada Agustus 2018.
Abdul Rahman
Abdul Rahman - Bisnis.com 11 Juni 2018  |  19:31 WIB
Petugas Layanan Prioritas Bank BRI sedang melayani nasabah - jombloati.wordpress.com
Petugas Layanan Prioritas Bank BRI sedang melayani nasabah - jombloati.wordpress.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. berencana meluncurkan fasilitas sistem pembayaran berbasis Quick Response Code (QR code) pada Agustus 2018.

Arif Wicaksono, Executive Vice President BRI, mengatakan bahwa secara teknologi pihaknya sudah siap meluncurkan fasilitas sistem pembayaran berbasis QR code. Tahap terakhir yang masih diproses adalah menunggu izin dari Bank Indonesia selaku regulator di bidang sistem pembayaran.

"Kalau dari OJK [Otoritas Jasa Keuangan] sudah. Tinggal dari BI. Lebih kepada proses administrasi saja," katanya, Minggu (10/6/2018).

Produk bernama MyQR tersebut sedang dalam tahap ujicoba secara internal. Sejumlah nasabah juga telah menggunakan walaupun masih dalam versi beta. Sumber dana yang diakses nasabah untuk bertransaksi menggunakan aplikasi tersebut berasal dari dompet elektronik BRI yakni TBank.

Arif berharap paling lambat Agustus tahun ini produk tersebut sudah bisa diluncurkan. Dia mengatakan pihaknya tak ingin terburu-buru karena ingin memperkuat basis merchant terlebih dahulu. 

"Jadi begitu izin keluar kami sudah siap di mana-mana," imbuhnya. 

Sejauh ini bank yang sudah menjalankan produk pembayaran QR code adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BNI) dan PT Bank Central Asia Tbk. (BCA).

Selain itu, produk sistem pembayaran berbasis QR code juga dirilis oleh perusahaan teknologi finansial dan perusahaan telekomunikasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

QR code
Editor : Farodilah Muqoddam
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top