MUFG Bank Diganjar Penghargaan Internasional

Entitas perbankan Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) Bank, Ltd. hari ini mengumumkan bahwa kantor cabangnya di Jakarta dinobatkan sebagai "Best International Bank" di Indonesia oleh Asiamoney.
Nirmala Aninda | 19 September 2018 21:36 WIB
Mitsubishi UFJ Financial Group Inc - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Entitas perbankan Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) Bank, Ltd. hari ini mengumumkan bahwa kantor cabangnya di Jakarta dinobatkan sebagai "Best International Bank" di Indonesia oleh Asiamoney.

Asiamoney, bagian dari Euromoney Institutional Investor Group, merupakan majalah triwulanan ternama yang membahas mengenai industri perbankan dan pasar modal di kawasan Asia. 

Para pemenang penghargaan tahunan Asiamoney Best Bank Awards 2018 tersebut dipilih melalui proses penilaian tertutup oleh panel editor senior dari publikasi Euromoney, Asiamoney dan GlobalCapital.

“Pencapaian MUFG sebagai Best International Bank merupakan yang pertama di Indonesia di mana MUFG terpilih berdasarkan peningkatan aktivitasnya yang berkembang pesat di Indonesia,” mnegutip pernyataan Asiamoney. 

Publikasi ini juga menyoroti investasi strategis MUFG pada PT Bank Damanon Indonesia Tbk.
 
General Manager MUFG Jakarta Daisuke Ejima mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan hail dari komitmen dan dedikasi bank terhadap Indonesia dan kliennya di negara ini.

“Kami merasa sangat terhormat untuk dapat menerima penghargaan prestisius ini. Tentunya kami juga berterima kasih kepada para nasabah, mitra bisnis serta khususnya staf kami atas kepercayaan dan dukungannya yang telah menjadikan kami sebagai salah satu brand terpercaya di sektor perbankan Indonesia," ujar Ejima melalui siaran pers, Rabu (19/9/2018).

Dia menambahkan penghargaan ini juga diberikan pada saat yang tepat karena bersamaan dengan titik balik perjalanan MUFG di Indonesia. 

MUFG Kantor Cabang Jakarta pada tahun ini merayakan 50 tahun ekspansinya di Indonesia serta dimulainya kerja sama strategis dengan Bank Danamon pada Desember tahun lalu.

"Penghargaan ini menjadi sebuah motivasi bagi kami untuk terus memperkokoh komitmen kepada nasabah dan mitra, agar selanjutnya dapat berkontribusi demi kesuksesan bersama serta kemajuan negara,” tambahnya.

Secara total aset dan perolehan laba, MUFG Bank merupakan bank asing terbesar di Indonesia. Tercatat sampai dengan semester I/2018, Kantor Cabang Jakarta memiliki total aset sebesar Rp167,8 triliun dan meraup Rp1,85 triliun laba bersih pada periode yang sama.
 
Dengan lebih dari 600 karyawan yang bekerja di Indonesia, negara ini merupakan salah satu kontributor pendapatan terbesar MUFG pada operasinya di kawasan Asia. 

Bank ini juga merupakan bookrunner ternama untuk pinjaman sindikasi di Indonesia dan telah secara aktif berpartisipasi dalam berbagai pembiayaan yang melibatkan perusahaan besar Jepang dan badan usaha milik negara.

MUFG merupakan satu dari 12 bank dan lembaga pendanaan yang menandatangani perjanjian pinjaman sindikasi senilai Rp 19,25 triliun untuk jangka waktu pinjaman 18 tahun dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada 29 Desember 2017.

MUFG Bank Ltd. mengumumkan kerja sama strategis dengan Bank Danamon pada Desember 2017 dan meningkatkan kepemilikan saham menjadi 40% pada Juli 2018. Bank terbesar yang beroperasi di Jepang tersebut berencana untuk meningkatkan porsi kepemilikan sahamnya menjadi 73,8%

MUFG melalui anak usahanya Acom Co. Ltd. Japan dan The Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ, Ltd. (BTMU) juga memiliki mayoritas kepemilikan saham di PT Bank Nusantara Parahyangan Tbk. (BBNP) sebesar 67,59% dan dan 7,91% melalui Bank BTMU.

Tag : perbankan
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top