Setelah Akuisisi Bank Kecil, BCA Siapkan Rencana Merger Dengan Anak Usaha

PT Bank Central Asia Tbk. telah mehyiapkan rencana lanjutan terkait akuisisi bank. Perseroan akan menggabungkan bank hasil akuisisi dengan anak usaha bank yang sudah dimiliki saat ini.
Ilman A. Sudarwan | 23 Januari 2019 21:20 WIB
Model memperlihatkan Kartu Kredit BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite saat peluncurannya, di Jakarta, Senin (3/12/2018). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA—PT Bank Central Asia Tbk. telah menyiapkan rencana lanjutan terkait dengan akuisisi bank kecil. Perseroan akan menggabungkan bank hasil akuisisi dengan anak usaha yang sudah dimiliki saat ini.

Direktur BCA Santoso mengatakan, saat ini sebagian proses akuisisi sudah masuk tahap dealing. Namun demikian, dia menegaskan secara umum, rencana tersebut masih diproses oleh perseroan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kami akan ikuti proses dan sekarang prosesnya masih di OJK, jadi terlalu sensitif lah kalau ikut berkomentar. Kita akan tetap berjalan dengan yang ada, ada yang sudah dealing, tapi ini kan ada proses perizinan, legal, dan akuntabilitas, ini biarkan kami jalankan prosesnya,” katanya kepada Bisnis, awal pekan ini.

Dia mengatakan, akuisisi tersebut baru dilakukan terhadap satu bank. Namun, perseroan masih mengharapkan dapat mengakuisisi lebih dari satu bank kecil pada tahun ini. Dia menilai, proses pencarian calon bank lain masih dilakukan.

“Sementara yang kami miliki di tangan satu bank, walaupun memang ada harapan dapat memiliki lebih dari satu bank. Karena kan mencari bank juga tidak gampang, mungkin buat kami juga kemahalan, jadi ini adalah challenge yang harus kami hadapi, tidak segampang itulah mengakuisisi,” katanya.

Dia menyatakan, perseroan telah memiliki rencana untuk bank yang tengah dalam proses akuisisi tersebut. Perseroan akan melakukan penggabungan usaha antara bank tersebut dengan anak usaha bank syariah milik BCA, yakni PT Bank BCA Syariah.

“Kelihatan arahnya ini akan di-merge, bukan ke induk tapi ke BCA syariah. Sementara [akuisisi] yang kedua ini yang sedang kami pikirkan, apakah ini akan menjadi seperti apa? ini terus terang belum, masih dalam diskusi dan lain-lain,” jelasnya.

Dihubungi terpisah Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih tidak membenarkan ataupun menampik kabar rencana penggabungan usaha tersebut. Dia hanya mengatakan, proses saat ini masih berjalan dan bersifat dinamis.

“Mending tunggu saja finalnya ya, ini masih dinamis,” katanya kepada Bisnis, belum lama ini.

Sebelumnya, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja memastikan bahwa proses rencana akuisisi akan dirampungkan pada tahun ini. Dia juga menegaskan bahwa target akuisisi bank milik Grup Djarum tersebut bukanlah perusahaan terbuka.

OJK terus mendorong bank besar seperti BCA untuk mengakuisisi bank kecil. Hal itu dilakukan untuk mempermudah pengawasan terhadap perbankan. Selain itu, OJK menilai akuisisi akan meningkatkan kemampuan ekspansi bisnis bank kecil yang selama ini terkendala modal minim.

Regulator juga menghendaki bank besar untuk menempatkan bank kecil sebagai bank yang berfokus pada niche market tertentu. Misalnya, bank besar dapat memiliki bank kecil untuk dijadikan bank khusus kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau dijadikan bank digital.

Tag : bca
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top