Asuransi Jasindo Menutup Proteksi Satelit Nusantara I

Bisnis.com, JAKARTA –  PT Asuransi Jasa Indonesia (persero) atau Jasindo terpilih menjadi perusahaan asuransi yang memberi perlindungan terhadap satelit Nusantara I.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 27 Februari 2019  |  08:59 WIB
Asuransi Jasindo Menutup Proteksi Satelit Nusantara I
Ilustrasi Satelit Nusantara Satu. - Pasifik Satelit Nusantara

Bisnis.com, JAKARTA –  PT Asuransi Jasa Indonesia (persero) atau Jasindo terpilih menjadi perusahaan asuransi yang memberi perlindungan terhadap satelit Nusantara I.

Meidiyanto Andwiputro, GM of Marketing Commercial Directorate PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), mengatakan perusahaan asuransi umum milik negara tersebut akan memberi perlindungan mulai dari peluncuran hingga operasional satelit di angkasa selama 15 tahun.

“Yang dicover mulai dari peluncuran hingga pengoperasian selama 15 tahun, semuanya Jasindo,” kata Meidy dikutip Bisnis.com, Rabu (27/2/2019).

Meidy menuturkan dipilihnya Jasindo sebagai perusahaan asuransi yang memberi perlindungan ganti rugi karena selama ini Jasindo dinilai cukup berpengalaman. Di samping itu, lanjutnya, seluruh satelit milik Indonesia harus diasuransikan kepada Jasindo.

Sebelumnya, PSN meluncurkan satelit Nusantara I dari pangkalan peluncuran di  Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, pada Jumat (22/2/2019). Satelit ini ditempatkan pada posisi di atas equator pada 146 BT dan bergerak bersamaan dengan rotasi bumi.

Berdasarkan perhitungan PSN dan perkiraan pemerintah, kebutuhan kaspasitas satelit dalam negeri saat ini mencapai 150 Gbps. Sementara itu, total kapasitas yang disediakan oleh seluruh perusahaan penyedia satelit di Indonesia saat ini baru sekitar 30 Gbps.

PSN hingga saat ini memiliki total kapasitas sebesar 13,6 Gbps dari satelit Nusantara Satu. Satelit tersebut, nantinya akan menempati slot orbit 146 derajat Bujur Timur atau berlokasi tepat di atas Papua.

Selain itu, untuk mencapai target kapasitas yang ditentukan, PSN saat ini tengah menggarap beberapa proyek. Pertama, proyek Satelit Nusantara Dua yang merupakan kerja sama antara PSN, PT Indosat Tbk., dan PT Pintar Nusantara Sejahtera melalui perusahaan  joint venture bernama PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Satelit Nusantara Satu

Editor : Anggi Oktarinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top