Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Tips Supaya Tak Kebablasan Ambil Pinjaman Online

Cara supaya kita tak kebablasan saat berutang di aplikasi pinjaman online dan terhindar dari lingkaran setan yang bernama utang. Berikut yang harus diperhatikan.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 18 Maret 2019  |  10:01 WIB

Kemudahan pinjaman online memang menggiurkan. Bagaimana tidak? Cara pengajuannya yang mudah dan persetujuannya yang serba instan sangat membantu kita yang sedang butuh bantuan keuangan. Namun, tak sedikit pula yang salah langkah saat meminjam uang melalui fintech, lalu menyesal karena harus terkurung jeratan utang akibat kebablasan.

Lalu, bagaimana caranya supaya kita tak kebablasan saat berutang di aplikasi pinjaman online dan terhindar dari lingkaran setan yang bernama utang? Berikut yang harus diperhatikan.

Gunakan pinjaman untuk kebutuhan produktif

Perhatikan tujuan dari pengajuan pinjamanmu. Sebab, banyak orang yang menyalahgunakan kemudahan meminjam uang secara online untuk memenuhi kebutuhan konsumtif mereka. Sebelum pinjam uang secara online, kategorikan dulu kebutuhan utangmu. Apakah termasuk utang produktif, atau malah konsumtif?

Utang produktif adalah utang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan, bukan keinginan. Nilai aset yang dibeli dengan cara berutang akan meningkat seiring waktu. Contoh utang produktif misalnya untuk modal bisnis, biaya kesehatan, pendidikan, atau tambahan biaya pernikahan.

Untuk kebutuhan produktif seperti itu, tentu tak masalah pinjam uang secara online. Sedangkan jika pinjamanmu digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif seperti untuk membeli gadget keluaran terbaru, maka sebaiknya urungkan niatmu. Sebab, orang yang memiliki utang konsumtif cenderung lebih berisiko terjerat utang.

Hitung kemampuanmu untuk membayar kembali pinjaman tersebut

Sekalipun berutang untuk hal produktif, bukan berarti kamu tidak memperhitungkan kemampuan untuk membayarnya kembali. Rasio cicilan yang sehat tidak akan melebihi 30% gaji bulanan yang didapatkan. Lebih dari itu, bisa-bisa arus keuangan malah jadi berantakan.

Apabila beban utang telah melampaui batas tersebut cobalah untuk mempertimbangkan kembali keinginan untuk mengambil utang baru. Sebab jika kamu tak memperhatikan hal tersebut, bisa-bisa kamu malah gali lubang tutup lubang. Menghitung rasio utang juga sangat penting dilakukan supaya kita bisa mempersiapkan dana untuk membayar tanggung jawab kita. Jangan sampai kebutuhan harian menjadi terganggu karena jumlah utang melebihi kemampuan kamu!

Pilih lembaga pinjaman online dengan bunga rendah dan tenor panjang

Pinjaman online biasanya mengenakan bunga lebih tinggi dibandingkan lembaga kredit konvensional seperti bank. Proses pendaftaran dan pencairan dananya yang serba cepat menjadi salah satu alasan kenapa bunganya lebih tinggi. Namun, banyak aplikasi pinjam uang online yang memanfaatkan keunggulan mereka untuk mengenakan bunga kelewat tinggi yang tak masuk akal, bahkan mencapai 1%-3% per hari.

Padahal, penyedia kredit online yang aman biasanya mengenakan bunga yang tak jauh dari bank. Maka dari itu, teliti kembali juga besaran bunga. Selain itu, cek kembali biaya tambahan yang dikenakan oleh mereka. Lembaga peminjaman online yang aman pastinya memaparkan seluruh besaran bunga dan biaya tambahan seperti biaya administrasi, biaya denda, dan biaya lainnya secara transparan, sebelum calon nasabah menyetujui pinjaman.

Kredivo, aplikasi pinjam uang online terpecaya yang bisa dipilih

Salah satu layanan pinjaman online dengan bunga rendah, tenor panjang, dan terjamin keamanannya adalah Kredivo, yang memberikan kamu pinjaman dalam bentuk limit kredit mencapai Rp 30 juta. Limit tersebut bisa digunakan untuk belanja online maupun offline di merchant rekanan Kredivo, sekaligus untuk dicairkan ke dalam bentuk dana tunai.

Untuk layanan belanja dengan cicilan, kamu bisa memilih bayar dalam 30 hari dengan bunga 0%, atau cicilan 3, 6, 12 bulan dengan bunga 2,95% per bulan. Sedangkan untuk layanan Pinjaman Tunai, kamu bisa memilih pinjaman mini dengan tenor 30 hari atau pinjaman jumbo dengan tenor 3, dan 6 bulan. Bunga yang dikenakan untuk layanan ini sebesar 2,95% per bulan. Tak hanya itu, Kredivo juga sudah terdaftar secara resmi di OJK sehingga tak perlu diragukan lagi keamanannya.

Untuk pinjam uang online di Kredivo, kamu bisa melakukan langkah berikut:

  1. Install aplikasi Kredivo melalui Google Play Store atau App Store
  2. Pilih opsi “Akun Premium”
  3. Unggah foto KTP dan foto diri (pastikan foto jelas dan bisa terbaca)
  4. Sambungkan akun e-commerce dengan riwayat transaksi
  5. Sambungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan (jika memilih Akun Premium Express)
  6. Atau unggah foto KK & STNK serta slip gaji & rekening koran (jika memilih Akun Premium Reguler)
  7. Tunggu konfirmasi approval paling lambat dalam 1×24 jam.

Setelah disetujui, kamu bisa langsung mengajukan pinjaman tunai dengan mengikuti langkah-langkah yang tertera di aplikasi. Setelah itu, dana akan dikirimkan ke rekeningmu dalam waktu 5 menit setelah pengajuan pinjaman dilakukan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredivo
Editor : MediaDigital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top