5 Terpopuler Finansial : Tren Suku Bunga Deposito Masih Tinggi, Pertumbuhan Aset Bank Besar Kian Kencang

Kabar pertumbuhan aset bank besar yang kian kencang menjadi berita terpopuler di kanal Finansial Bisnis.com pada hari Kamis (4/4/2019).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 04 April 2019  |  18:45 WIB
5 Terpopuler Finansial : Tren Suku Bunga Deposito Masih Tinggi, Pertumbuhan Aset Bank Besar Kian Kencang
Ilustrasi suku bunga deposito pada Januari 2016. - JIBI/Abdullah Azzam

1. Pertumbuhan Aset Bank Besar Kian Kencang

Di tengah tren suku bunga deposito perbankan yang masih tinggi, sejumlah bank memutuskan untuk tidak ikut menaikkan bunga.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja mengatakan bahwa BCA tidak akan mengikuti persaingan bunga deposito karena memiliki likuiditas yang cukup memadai.

Baca selengkapnya di sini.

2. Mengenal Produk Anuitas Dana Pensiun

Produk anuitas dinilai seringkali dimodifikasi guna memudahkan pekerja yang memasuki masa purnabakti bisa mendapatkan dana secara sekaligus atau lump sump kendati diamanatkan sebagai manfaat pensiun secara berkala oleh UU Dana Pensiun.

Seperti diketahui, UU No. 11/1992 mengamanatkan Dana Pensiun yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)—DPPK PPIP dan dana pensiun lembaga keuangan atau DPLK—agar dalam Peraturan Dana Pensiun (PDP) wajib memuat hak peserta untuk menentukan pilihan bentuk anuitas yang hanya dapat dijalankan oleh asuransi jiwa.

Baca selengkapnya di sini.

3. KPR Bersubsidi Terakselerasi, Aset BTN Melesat

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. memproyeksikan pertumbuhan aset pada kuartal I/2019 dapat mencapai sekitar 18%, lebih tinggi dari target yang ditetapkan perseroan di kisaran 13%—15%.

Direktur Keuangan dan Treasury BTN Iman Nugroho Soeko menyatakan pertumbuhan aset yang signifikan pada awal tahun tersebut dimotori kenaikan pertumbuhan kredit yang jauh di atas target.

Baca selengkapnya di sini.

4. Jumlah Rekening Tabungan Bertambah, Tapi Nilai Simpanan Turun

Jumlah rekening tabungan pada periode Februari 2019 bertambah sekitar satu juta rekening dibandingkan dengan posisi pada bulan sebelumnya (month to month), tapi nilai simpanannya justru menurun.

Merujuk pada data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang dikutip pada Kamis (4/4/2019), jumlah rekening tabungan per Februari 2019 tercatat sebanyak 272,11 juta rekening dengan nilai Rp1.750,14 triliun.

Baca selengkapnya di sini.

5. Pertumbuhan Aset Bank Besar Kian Kencang

Pertumbuhan aset bank-bank besar cukup kencang pada awal tahun ini. Bahkan, pertumbuhan aset pada dua bulan pertama 2019 lebih agresif ketimbang periode yang sama pada 2 tahun terakhir.

Laporan publikasi bulanan beberapa bank yang dihimpun Bisnis menunjukkan bahwa pertumbuhan 15 aset bank besar pada Februari 2019 mencapai 13,05% secara year on year (yoy). Pertumbuhan ini jauh lebih tinggi dari Februari 2018 yang hanya 7,41% dan Februari 2017 sebesar 11,53%.

Baca selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
btn, perbankan, kpr, Suku Bunga, deposito, dana pensiun, aset bank, rekening bank

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top