Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Profil Bank Royal yang Akan Diakuisisi BCA

BCA mengumumkan rencana akuisisi mayoritas saham Bank Royal Indonesia. Nilai transaksi jual beli saham ditetapkan sebesar maksimal Rp1 triliun.
Nasabah melakukan transaksi di mesin ATM Bank BCA di Jakarta./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Nasabah melakukan transaksi di mesin ATM Bank BCA di Jakarta./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) mengumumkan rencana akuisisi mayoritas saham PT Bank  Royal Indonesia (Bank Royal). Nilai transaksi jual beli saham ditetapkan sebesar maksimal Rp1 triliun.

Dalam ringkasan rancangan akuisisi yang diterbitkan oleh BCA pada Kamis (26/4/2019), disebutkan bahwa Bank Royal adalah sebuah bank yang didirikan pada 1965 dengan nama PT Bank Rakjat Parahyangan.

Bank Royal saat ini memiliki 8 jaringan cabang yang terdiri atas 1 kantor pusat, 1 kantor cabang utama, dan 6 kantor cabang pembantu.

Dari sisi permodalan, Bank Royal saat ini masuk dalam kategori bank umum kegiatan usaha (BUKU) I, dengan nilai modal dasar senilai Rp748,80 miliar.

Kepemilikan saham Bank Royal saat ini mayoritas dikuasai oleh PT Royalindo Investa Wijaya yang menggenggam 2.375.000 saham, atau setara dengan 82,70% saham. Leslie Soemedi memiliki 5,71% saham, Ibrahim Sumedi, Herman Soemedi, dan Ko Sugiarto masing-masing memiliki 2,94% saham, serta Nevin Soemedi memiliki 2,77% saham.

Dalam beberapa kesempatan, manajemen BCA menyatakan bahwa karakteristik bank yang akan diakuisisi adalah bank kecil yang memiliki fundamental keuangan baik serta kinerja yang positif.

Sampai dengan akhir 2018, total aset Bank Royal tercatat sebesar Rp968,46 miliar, tumbuh 7,22% dibandingkan dengan aset pada tahun sebelumnya senilai Rp903,21 miliar.

Sementara itu, per akhir 2018, pinjaman yang diberikan dan piutang tercatat mencapai Rp566,93 miliar, terkoreksi 1,33% dari posisi pada tahun sebelumnya senilai Rp574,55 miliar. Pada periode yang sama, dana simpanan nasabah mencapai Rp618,07 miliar, tumbuh tipis 1,71% dari tahun sebelumnya senilai Rp607,69 miliar.

Adapun, susunan dewan direksi dan komisaris Bank Royal saat ini sebelum diakuisisi BCA adalah sebagai berikut:

Direksi

Direktur Utama: Louis Halilintar Sjahlim

Direktur: Dianna Annarita

Direktur Kepatuhan: Sabtiwi Enny Sulastri

Komisaris

Komisaris Utama: Ibrahim Sumedi

Komisaris Independen: I Made Soewandi

Komisaris Independen: Edison Sahala Toempal Marbun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper