Terima THR Jelang Lebaran? Investasi Jangan Dilupakan

Meski pemasukan bertambah karena memperoleh tunjangan, kenyataannya kebutuhan jelang Lebaran juga lebih tinggi dari bulan-bulan biasanya. Oleh karena itu, jika tak ingin uang THR numpang lewat begitu saja, pastikan Anda merencanakan pengelolaan dengan tepat.
Reni Lestari | 07 Mei 2019 19:44 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki Ramadan, masyarakat Indonesia dihadapkan pada agenda tahunan yakni mudik dan perayaan Lebaran. Umumnya hal itu terlebih dulu didahului oleh cairnya tunjangan hari raya (THR) bagi mereka yang bekerja.

Meski pemasukan bertambah karena memperoleh tunjangan, kenyataannya kebutuhan jelang Lebaran juga lebih tinggi dari bulan-bulan biasanya. Oleh karena itu, jika tak ingin uang THR numpang lewat begitu saja, pastikan Anda merencanakan pengelolaan dengan tepat.

Praktisi finansial Ellen May dalam sebuah video di channel youtube-nya membagikan sejumlah tips yang bisa dipraktikkan dalam mengelola keuangan jelang Lebaran.

Ellen mengatakan, Pertama, yang paling mendasar dari pengelolaan keuangan adalah catat dan hitung kebutuhan Anda. Kebutuhan ini merupakan hal wajib yang tidak bisa tidak dipenuhi, seperti anggaran untuk mudik. "Catat dulu kebutuhan yang paling utama. Kalau Anda mau mudik Lebaran, hitung dulu kebutuhan untuk mudik," katanya.

Setelah itu, kedua, hitung pula pengeluaran yang harus disisihkan untuk membayar kewajiban tertentu atau utang. Ketiga, jangan lupakan anggaran menabung dan investasi. Jika perlu, naikkan anggaran menabung dan investasi dibandingkan bulan-bulan biasanya.

Setelah tiga kebutuhan tersebut terpenuhi, barulah Anda bisa memikirkan anggaran untuk bersenang-senang, seperti berlibur, membeli baju lebaran, atau pengeluaran lain di luar tiga hal di atas.

"Mengapa harus mengalokasikan uang untuk investasi terlebih dahulu, karena biasanya kalau Anda menguatamakan keinginan, uang itu akan habis, Anda tidak akan berinvestasi," katanya.

Ellen menegaskan, sebelum menghabiskan anggaran senang-senang tersebut, jangan lupa tentukan dulu berapa besar uang yang akan Anda keluarkan.

"Bersenang-senang itu boleh, menggunakan sebagian uang untuk liburan dan membeli barang-barang, melakukan hobi itu boleh, namun jangan lupakan alokasikan berapa banyak uang yang ingin Anda gunakan untuk bersenang-senang terlebih dahulu," lanjutnya.

Terakhir, alokasikan juga anggaran untuk dana sosial, dalam hal ini zakat. Dengan menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan tersebut, THR yang Anda dapatkan dapat dimaksimalkan penggunaannya tanpa berbuah kesia-siaan.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wealth management, thr

Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup