Optimalkan 216 Jaringan Kantor, Mayapada Perkuat Kredit UMKM

Bank Mayapada International membidik pertumbuhan dua digit untuk penyaluran kredit ke sektor Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) hingga akhir tahun 2019.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 17 Mei 2019  |  09:59 WIB
Optimalkan 216 Jaringan Kantor, Mayapada Perkuat Kredit UMKM
Bank Mayapada - Ilustrasi/Bisnis.com/David Eka Issetiabudi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mayapada International Tbk. membidik pertumbuhan dua digit untuk penyaluran kredit ke sektor Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) hingga akhir tahun 2019.

Direktur Bisnis Bank Mayapada Andreas Wiryanto megatakan bahwa penyaluran kredit ke sektor UMKM masih jauh dari target 20% berdasarkan ketentuan regulator.

"Kredit UMKM masih di bawah 5%, jadi kami fokus kepada pengembangan kredit UMKM. Dalam pelaksanaan, tidak semudah seperti yang diamanatkan. Kami akan berusaha secara bertahap mencapai pertumbuhan dua digit UMKM," katanya, Rabu (15/5/2019).

Berdasarkan laporan publikasi, presentase kredit kepada sektor UMKM terhadap total kredit pada kuartal I/2019 mencapai 1,75%.

Angka tersebut menurun jika dibandingkan dengan capaian pada tahun lalu di periode yang sama, di mana presentase kredit kepada sektor UMKM terhadap total kredit tercatat sebesar 1,87%.

Andreas menyampaikan, untuk bisa mendorong penyaluran kredit ini, perseroan akan memaksimalkan jaringan kantor cabang yang ada.

Hingga Maret 2019, Bank Mayapada telah memiliki jaringan di 216 kantor untuk menjaring debitur UMKM. Selain itu, perseroan akan meminta referensi kepada nasabah yang ada di seluruh jaringan kantor sehingga perseroan bisa memperoleh nasabah atau calon debitur yang berkualitas baik.

Hingga kuartal I/2019, Bank Mayapada berhasil menyalurkan kredit sebesar R65,95 triliun, naik 11,81% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018 yang tercatat sebesar Rp58,99 triliun. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kredit umkm, bank mayapada

Editor : Farodilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top