Buka Akses Open Banking, BRI Catat Transaksi Rp50 Miliar per Hari

Bank BRI mencatatkan nilai transaksi sekitar Rp50 miliar per hari sebagai hasil pembukaan akses open banking yang telah diterapkan sejak Agustus 2018.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 24 Mei 2019  |  18:38 WIB
Buka Akses Open Banking, BRI Catat Transaksi Rp50 Miliar per Hari
Nasabah bertransaksi melalui mesin ATM di galeri e-banking Bank BRI, di Jakarta, Selasa (12/9). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mencatatkan nilai transaksi sekitar Rp50 miliar per hari sebagai hasil pembukaan akses open banking yang telah diterapkan sejak Agustus 2018. 

EVP Digital Bank BRI Kaspar Situmorang mengatakan bahwa skema open banking melalui application programming interface (API) telah membuka setidaknya 75 layanan yang kini dapat diakses oleh pihak ketiga. Dengan semakin banyaknya layanan yang dibuka, diharapkan nilai transaksi juga akan terus meningkat. 

“Nilai transaksi Rp50 miliar per hari itu masih terbilang kecil. Ini mau kami upgrade terus supaya semua layanan dapat publish melalui API,” katanya dalam acara Aftech Expert Gym di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Kaspar melanjutkan bahwa open banking telah sesuai dengan ketentuan regulator. Saat ini aturan mengenai API perbankan termuat dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 38/POJK.03/2016 mengenai Mitigasi Risiko Teknologi Informasi (MRTI). Selain itu regulator juga melengkapi dengan POJK Nomor 12/POJK.03/2018 tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital Banking oleh Bank Umum.

Dia menambahkan bahwa 75 layanan yang dapat diakses oleh pihak ketiga tersebut telah mendapatkan persetujuan otoritas. Seluruhnya juga telah melalui uji coba baik di dalam negeri dan juga luar negeri.

“Perbankan ini beda dengan perusahaan teknologi. Kami punya ketentuan yang multi stage. Jadi dari sisi keamanan saya rasa tidak ada masalah,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank bri, Transaksi Nontunai

Editor : Farodilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top