TIM JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: Tips Aman Gunakan Mobile Banking saat Libur Lebaran

Selama libur Lebaran, transaksi menggunakan mobile banking memang dianjurkan karena operasional kantor cabang dan keterjangkauan terhadap ATM terbatas.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali | 03 Juni 2019 01:28 WIB
Ilustrasi model memperlihatkan aplikasi mobile banking. - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, PROBOLINGGO – Selama libur Lebaran, transaksi menggunakan mobile banking memang dianjurkan karena operasional kantor cabang dan keterjangkauan terhadap ATM terbatas.

Senior Vice President Corporate Communication PT Banl Central Asia Tbk. Dwi Narini mengatakan berbagai kebutuhan transaksi pada masa libur ini bisa dipenuhi melalui berbagai fitur yang sudah disediakan dalam mobile banking.

Dia juga memperingatkan agar tetap hati-hati dalam melakukan transaksi menggunakan mobile banking selama Lebaran.

“Kesibukan dan aktivitas merayakan Lebaran tidak boleh menurunkan kewaspadaan terhadap perilaku online yang dapat dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak berkepentingan untuk mengakses sumber keuangan Anda,” ujarnya melalui keterangan resmi pada Minggu (2/6/2019).

Dia memaparkan dalam mengakses mobile banking, salah satunya BCA mobile, berikut tips aman yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan unduh mobile banking dari akun resmi perbankan. Aplikasi, misalnya BCA mobile, diunduh melalui Google Play Store (jika smartphone Android), atau melalui iPhone App Store (jika smartphone IOS).
  2. Gunakan jaringan Internet yang aman. Disarankan pengguna mobile baanking agar menghindari menggunakan akses Wi-Fi publik saat melakukan transaksi. Misalnya, saat mengakses BCA mobile, pilihlah jaringan nirkabel yang menggunakan kata kunci keamanan jaringan atau memiliki beberapa bentuk keamanan lainnya.
  3. Saat transaksi mobile banking, sebaiknya jaga kerahasiaan kode akses yang dimiliki sebagai pengaman akses menu mobile banking. "Jaga kerahasiaan PIN BCA mobile Anda sebagai pengaman validasi transaksi, dan pastikan Anda sudah logout [keluar] saat selesai menggunakan BCA mobile".
  4. Perketat kewaspadaan keamanan mobile banking. Disarankan kepada pengguna untuk mengganti kode akses dan PIN BCA mobile secara berkala dengan kombinasi angka/huruf yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.

Kemudian periksalah daftar rekening tujuan transfer secara berkala. Pada BCA mobile, jika ada nomor rekening tujuan yang sudah tidak diperlukan, pengguna bisa menghapus nomor rekening tersebut lewat menu m-Admin - Hapus Daftar.

Dwi juga menyanpaikan agar pengguna mobile banking selalu mewaspadai upaya penipuan dari oknum yang mengaku sebagai petugas melalui telepon, fax, email yang menanyakan data pribadi termasuk kode akses.

"Petugas BCA resmi tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut. Jika Anda menerima pesan yang menjelaskan bahwa aplikasi atau layanan BCA yang Anda miliki tidak sah, jangan lanjutkan akses BCA mobile dan segera hubungi Halo BCA di nomor 1500888," katanya.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top