BI Resmikan Standardisasi Kode QR Sebagai Alat Pembayaran

Bank Indonesia secara resmi meluncurkan standarisas kode quick response (QR) sebagai alat pembayaran, Sabtu (17/8/2019). Dengan demikian seluruh penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) yang mengimplementasikan teknologi tersebut akan terintegrasi.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 17 Agustus 2019  |  13:04 WIB
BI Resmikan Standardisasi Kode QR Sebagai Alat Pembayaran
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan pidato sebelum meluncurkan QR Indonesia Standard (QRIS) di kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). - Bisnis/Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia secara resmi meluncurkan standarisasi kode quick response (QR) sebagai alat pembayaran, Sabtu (17/8/2019).

Dengan demikian seluruh penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) yang mengimplementasikan teknologi tersebut akan terintegrasi.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa PJSP akan segera menyesuaikan untuk mengimplementasikan standarisasi bernama QR Indonesia Standard (QRIS) tersebut.

Bank sentral memperkirakan implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020.

“QRIS menjadi satu-satunya QR yang berlaku di Indonesia,” katanya di Gedung BI, Jakarta usai peluncuran.

Perry melanjutkan bahwa standarisasi QR akan meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Setiap lapisan masyarakat akan dapat menggunakan produk tersebut karena hanya bermodalkan ponsel pintar. 

Lebih lanjut, QRIS membuat alat pembayaran berbasis kode QR terintegrasi antara satu dengan yang lain. Satu kode QR yang terdapat di merchant atau penjual dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran berbasis QR pada ponsel.

Adapun QRIS merupakan produk Bank Indonesia yang dihasilkan melalui beragam diskusi dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan pelaku usaha. Sebelum resmi diluncurkan, QRIS telah melalui uji coba sebanyak dua tahap. Selain itu sejumlah daerah juga sempat dijadikan wilayah percontohan atau pilot project.

Pada tahap awal, QRIS fokus pada penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Mode (MPM).Terkait hal itu, penjual yang akan menampilkan kode QR pembayaran untuk dipindai oleh pembeli ketika melakukan transaksi pembayaran.

Pada masa yang akan datang, regulator akan melakukan pengembangan, sehingga penjualan yang akan memindai kode QR milik pembeli untuk setiap transaksi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank indonesia, QR code

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top