Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Mudah Miliki Hunian untuk Milenial

Membeli hunian impian, bagi kaum milenial saat ini tak bisa lepas dari program Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/KPA) yang ditawarkan perbankan.
Aktivitas layanan nasabah di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk  (BTN), di Jakarta, Rabu (2/1/2018)./Bisnis-Dedi Gunawan
Aktivitas layanan nasabah di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), di Jakarta, Rabu (2/1/2018)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Membeli hunian impian, bagi kaum milenial saat ini tak bisa lepas dari program Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/KPA) yang ditawarkan perbankan. Data debitur KPR/KPA PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Januari -- Juli 2019 menunjukkan, milenial mendominasi dengan angka sekitar 65 persen.

Direktur Konsumer Bank BTN Budi Satria mengatakan, sejak Oktober 2018 pihaknya merilis program KPR/KPA Gaeesss yang menyasar kaum milenial. Data realisasi menunjukkan sepanjang tahun ini saja, milenial telah melakukan akad kredit sebanyak 13.600 unit di Bank BTN.

Keunggulan dari program ini adalah suku bunga murah dan tenor pinjaman yang panjang hingga 30 tahun. Saat ini Bank BTN telah memberikan tenor pinjaman untuk KPR BTN maksimal 30 tahun dan KPA BTN maksimal 20 tahun.

"Rata-rata kaum milenial mengambil tenor pinjaman untuk KPR 15 hingga 20 tahun," katanya.

Dia mengatakan, milenial mendominasi profil debitur KPR/KPA Bank BTN karena sejumlah strategi yang dijalankan perseroan. Antara lain melakukan kerjasama bussiness to bussiness (B2B) dengan BUMN, Kementerian dan instansi lainnya yang menyasar milenialnya. Selain itu, langkah sosialisasi juga tak kalah penting, dilakukan bekerjasama dengan mitra-mitra pengembang.

Ada pun dengan pengembang, kerjasama yang terbentuk adalah dalam hal pembiayaan perumahan baik rumah tapak dan rumah susun, pembiayaan konstruksi bagi developer, kegiatan marketing bersama, bantuan subsidi bunga, dan lain-lain.

Dia melanjutkan, calon debitur yang telah memiliki pinjaman di bank lain dapat menikmati fasilitas KPR/KPA Take Over di BTN dengan suku bunga mulai dari 8.99 persen, jangka waktu maksimal 30 tahun, bebas biaya provisi, bebas biaya administrasi, dan bebas biaya appraisal.

Budi memberi beberapa kita agar milenial dapat mewujudkan impian memiliki hunian. Pertama kurangi gaya hidup konsumtif dan hidup berhemat.

"Kedua, harus komitmen menabung," ujarnya.

Milenial bisa memanfaatkan tabungan "Siap" atau tabungan "Si Muda Rumahku" yang diperuntukkan bagi milenial yang ingin menabung untuk bisa memiliki rumah dengan uang muka ringan. Ketiga, bisa mengambil KPR dengan jangka waktu yang lama agar memperkecil angsuran bulanan, salah satunya yang ditawarkan KPR/KPA Gaeesss.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper