4 Aplikasi untuk Memudahkan Belajar Investasi atau Trading Saham

Investasi saham merupakan salah satu instrumen yang bisa memberikan imbal hasil yang besar dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun investasi saham juga memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 09 September 2019  |  11:24 WIB
4 Aplikasi untuk Memudahkan Belajar Investasi atau Trading Saham
RTI Business, salah satu aplikasi yang cukup banyak direkomendasikan untuk dimiliki para investor dan trader saham. - Google Play

Bisnis.com, JAKARTA - Investasi saham merupakan salah satu instrumen yang bisa memberikan imbal hasil yang besar dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, investasi saham juga memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, sebelum benar-benar melakukan trading atau investasi saham, bagi pemula ada baiknya untuk belajar lebih banyan mengenai seluk beluk pasar saham dan cara bertransaksi saham.

Untuk memudahkan dalam belajar, salah satu caranya dapat memanfaatkan berbagai macam aplikasi android atau iphone yang menyediakan info saham dan simulasi trading saham.

Berikut sejumlah aplikasi investasi dan simulasi saham yang Bisnis.com rangkum:

1. RTI Business

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup banyak direkomendasikan untuk dimiliki para investor dan trader saham. RTI merupakan aplikasi yang menyediakan data terbaru dari Bursa Efek Indonesia secara real time.

RTI Business menjadi aplikasi favorit untuk dapat membantu investor melakukan analisa fundamental karena fiturnya terbilang lengkap. Seperti misalnya, pada tab Financials terdapat gambaran kinerja perusahaan dalam 5 tahun terakhir mulai dari income statement, balance sheet, cash flow, earnings, profitability, hingga growth.

Anda juga dapat mengetahui detail transaksi saham tertentu pada hari tersebut dan histori pergerakan sahamnya dalam sebulan. Adapula fitur Calendar yang memuat berbagai jadwal aksi korporasi perusahaan, seperti dividen, right issue, RUPS, IPO, dan lainnya.

Aplikasi keluaran PT RTI Infokom ini juga dilengkapi dengan fitur simulasi trading saham, yakni IDX Virtual Online Trading. Fitur simulasi ini sangat berguna bagi pemula yang ingin belajar dan berlatih investasi atau trading saham, sebab fitur-fitur transaksinya mirip dengan standar aplikasi dari perusahaan sekuritas sehingga memberikan pengalaman seperti melakukan transaksi sungguhan.

Fitur-fitur tersebut antara lain, order book, buy, sell. order list, trade list, holdings (portfolio), account, dan notifikasi. IDX Virtual Online Trading memberikan virtual dana senilai Rp100 juta untuk modal awal bertransaksi. Fitur ini bisa digunakan setelah melakukan registrasi sebagai member.

2. Stockbit

Melalui aplikasi Stockbit, pengguna dapat belajar cara bermain saham dengan fitur virtual trading yang disediakan. Demo trading saham sesuai dengan pergerakan data bursa saham Indonesia sesungguhnya.

Tak hanya secara virtual, lewat Stockbit pengguna juga bisa melakukan investasi atau trading saham online secara real. Stockbit bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas, sehingga untuk melakukan real trading, pengguna harus terdaftar dulu sebagai nasabah Sinarmas Sekuritas.

Selain itu, dalam aplikasi ini juga terdapat fitur yang memungkinkan pengguna dapat berdiskusi mengenai berbagai info saham dengan investor dan trader lain yang tergabung dalam komunitas Stockbit. Pengguna juga dapat melakukan chat pribadi dengan investor dan trader yang lainnya untuk analisa saham yang lebih intensif. Ini tentunya dapat menambah pengetahuan mengenai investasi saham, terutama bagi pemula yang baru belajar.

Sama seperti RTI Business, Stockbit juga menyediakan data laporan keuangan perusahaan serta jadwal aksi korporasi perusahaan.

3. StockMarketSim

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk belajar pasar saham, investasi atau trading saham, yakni StockMarketSim.

Aplikasi ini merupakan gim pasar saham virtual yang dikeluarkan oleh LineCentury, Inc. Pengguna dapat melakukan demo trading dengan dana virtual mulai dari US$10.000 dan dapat melakukan perdagangan tanpa batas kapan saja.

Di sini tidak hanya tersedia data saham dari bursa saham Indonesia, namun juga luar negeri dari lebih 30 negara.

4. Nabung Saham GO

Lewat Nabung Saham GO, pengguna dapat belajar investasi saham dengan cara yang unik dan menyenangkan layaknya bermain gim. Saat pertama kali bermain, pengguna akan diminta membuat user name dan avatar.

Setelah masuk ke permainan, pemain didemonstrasikan memulai karir sebagai salaryman dengan penghasilan Rp2.000/10 detik dan akan diberi cash game senilai Rp100 juta. Cash game dapat ditingkatkan dengan cara transaksi saham, upgrade skill, dan menjawab quiz yang ada.

Dalam gim ini, ada 10 saham yang bisa ditransaksikan. Perubahan harga otomatis terjadi setiap 1 menit dengan batas kenaikan 20 persen dan batas penurunan 10 persen. Sayangnya, harga saham tidak mengikuti real market.

Terdapat portofolio yang akan menampilkan laporan mengenai investasi saham yang sudah dimiliki dan disajikan lengkap dengna perhitungan profit/loss berdasarkan harga saham terakhir.

Adapun aplikasi ini dikreasikan oleh Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan bersama PT Winratama Perkasa melalui WinGamers.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
saham, investasi saham

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top