Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Moody's Sematkan Prospek Stabil Perbankan Nasional

Moody's memberikan prospek stabil pada bank di Indonesia, meskipun kondisi ekonomi masih menantang.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 18 Oktober 2019  |  17:41 WIB
Warga melintasi galeri anjungan tunai mandiri (ATM) di Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (5/8/2019). - ANTARA/Aditya Pradana Putra.
Warga melintasi galeri anjungan tunai mandiri (ATM) di Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (5/8/2019). - ANTARA/Aditya Pradana Putra.

Bisnis.com, JAKARTA - Moody's memberikan prospek stabil pada bank di Indonesia, meskipun kondisi ekonomi masih menantang.

Wakil Presiden Moody's sekaligus analis senior Simon Chen menyampaikan bahwa pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) riil Indonesia diprediksikan melemah menjadi 4,9% pada 2019 dan 4,7% pada 2020. Padahal, pertumbuhan PDB pada tahun lalu cukup tinggi di posisi 5,2%.

Ekspektasi pertumbuhan yang lebih rendah ini tentunya berpengaruh pada kesempatan para intermediator untuk membukukan kinerja yang lebih baik.

"Namun demikian, kualitas aset bank akan tetap stabil, didukung oleh menstabilkan leverage di antara korporasi dan suku bunga yang lebih rendah," kata Simon Chen, seorang wakil presiden Moody dan analis senior, sperti dikutip dari siaran pers Moody's, Jumat (18/10/2019).

Dia melihat, capital buffer industri perbankan Tanah Air terjaga seiring dengan pendapatan bunga yang masih baik. Selanjutnya, Chen bependapat, hal ini masih akan mampu mendorong pelaku industri perbankan untuk terus melanjutkan penyaluran kreditnya.

Di samping itu, Chen memandang modal pelaku industri perbankan yang berada di atas 20% saat ini juga cukup kuat menyerap potensi penurunan kualitas kredit yang mungkin muncul akibat pelemahan ekonomi tersebut.

Selanjutnya, pertumbuhan kredit yang moderat serta suku bunga acuan yang sudah mulai turun diperkirakan dapat menjaga ketersediaan likuiditas industri perbankan.

"Hal ini cukup baik sembari menunggu pemulihan dalam margin perbankan ke depan," katanya.

Adapun, prospek stabil pada bank-bank Indonesia didasarkan pada penilaian Moody's terhadap enam penilaian, yakni lingkungan operasi (memburuk), risiko aset (stabil), modal (stabil), pendanaan dan likuiditas (stabil), profitabilitas dan efisiensi (stabil), dan dukungan pemerintah (stabil).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan moody's
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top