Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raih Pendanaan Rp190 Miliar, Ini Fokus Koinworks

PT Lunaria Annua Teknologi atau Koinworks menyatakan akan fokus menggarap segmen usaha menengah, kecil, dan mikro atau UMKM digital dan social commerce usai meraih total pendanaan 18,5 juta dolar Singapura atau sekitar Rp190 miliar.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Lunaria Annua Teknologi atau Koinworks menyatakan akan fokus menggarap segmen usaha menengah, kecil, dan mikro atau UMKM digital dan social commerce usai meraih total pendanaan 18,5 juta dolar Singapura atau sekitar Rp190 miliar.

Pendanaan teranyar tersebut diperoleh Koinworks dari Saison Capital, perusahaan modal ventura milik perusahaan layanan keuangan asal Jepang, Credit Saison melalui pendanaan Seri B2. Koinworks tercatat menjadi portofolio pertama Saison Capital di Indonesia.

CEO & Co-Founder Koinworks Benedicto Haryono menjelaskan bahwa Saison Capital optimistis, melalui pendanaannya Koinworks dapat memberikan layanan finansial bagi pelaku usaha unbanked dan underbanked, khususnya pelaku usaha UMKM. Oleh karena itu, pihaknya akan fokus menggarap dua segmen.

Pertama, menurut Benedicto pihaknya akan menggenjot pembiayaan bagi UMKM digital yang sejalan dengan visi pemerintah untuk memperkuat perekonomian digital. Langkah tersebut menurutnya turut didasari oleh kontribusi besar UMKM terhadap PBD yang mencapai 65%, sehingga potensial bagi bisnis pembiayaan.

Lalu, pihaknya pun akan mendorong pengembangan produk finansial bagi social commerce, yakni pelaku UMKM yang memanfaatkan media sosial dalam menjalankan bisnisnya. Saat ini, menurut Benedicto, sangat banyak pelaku usaha yang memanfaatkan jaringan sosial dalam bisnisnya.

"Ironinya, masih banyak para pelaku social commerce terkendala saat mendapatkan akses pembiayaan untuk pengembangan bisnis karena kurangnya kelengkapan dokumen, agunan, dan kelayakan bisnis di mata institusi finansial konvensional," ujar Benedicto pada Senin (4/11/2019), dalam keterangan resmi.

Sebelumnya, Koinworks memperoleh dana 16,5 juta dolar Singapura atau berkisar Rp170 miliar melalui Pendanaan Seri B,yang dipimpin oleh EV Growth dan Quona Capital bersama dengan investor lainnya. Alhasil, total Pendanaan Seri B dan B2 mencatatkan total dana 18,5 juta dolar Singapura atau sekitar Rp190 miliar.

Dalam tiga tahun terakhir, Koinworks telah menyalurkan pinjaman produktif kepada ratusan ribu UMKM di Indonesia. Pertumbuhan yang sangat signifikan tersebut menurut Benedicto turut didukung oleh tingginya kesadaran masyarakat akan alternatif investasi melalui layanan peer-to-peer (P2P) lending.

Berdasarkan keterangan Koinworks, hingga saat ini lebih dari 60% pendana di platform tersebut merupakan generasi milenial. Selain itu, 70% diantara mereka mengatakan bahwa Koinworks merupakan instrumen investasi pertamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper