Jokowi : Dokter Terawan Sudah Punya Jurus Atasi Defisit BPJS Kesehatan

Presiden Joko Widodo mengatakan Menteri Kesehatan sudah memiliki jurus mengatasi defisit BPJS Kesehatan.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 06 Desember 2019  |  14:47 WIB
Jokowi : Dokter Terawan Sudah Punya Jurus Atasi Defisit BPJS Kesehatan
Warga berjalan di lobi kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jakarta Timur, di Jakarta, Rabu (30/10/2019). - ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat

Bisnis.com, CILEGON - Presiden Joko Widodo menyatakan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menemukan jurus mengatasi defisit BPJS Kesehatan.

Hal itu disampaikannya seusai melakukan inspeksi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon, Banten, Jumat (6/12/2019).

Jokowi mengatakan pemerintah belum dapat menemukan jawaban atas masalah defisit BPJS Kesehatan dalam waktu 4 tahun terakhir.

"Tapi sekarang Menteri Kesehatan sudah menyampaikan di ratas [rapat terbatas] kemarin, tahun depan jurusnya sudah ketemu," ujarnya.

Namun, tidak dijelaskan lebih lanjut jurus seperti apa yang dimaksud. Sementara itu, berdasarkan data BPJS Kesehatan, klaim jatuh tempo per 31 Oktober 2019 tercatat senilai Rp21,16 triliun.

Terkait pelayanan rumah sakit, Jokowi menuturkan pelayanan rumah sakit berbeda-beda, yakni ada rumah sakit yang pelayanannya sudah bagus tapi ada juga yang masih dalam proses pembenahan.

Kendati demikian, saat ini, fasilitas rumah sakit masih perlu diperbaiki. Pasalnya, banyak fasilitas di rumah sakit, termasuk rumah sakit daerah, yang belum sesuai dengan kebutuhan dan karena itu mesti diperbaiki.

Jokowi menerangkan perbaikan di rumah sakit daerah merupakan tugas pemerintah daerah terkait, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten dan kota.

Inspeksi seperti ini memang bukan merupakan yang pertama kali dilakukan Jokowi. Sebelumnya, dia juga sempat melakukan inspeksi atas pelayanan BPJS Kesehatan dan rumah sakit di Subang serta Lampung, beberapa waktu lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, bpjs kesehatan

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top