Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi: Sudah Ada Gambaran Solusi atas Masalah Jiwasraya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan sudah ada solusi atas masalah berat yang dihadapi perusahaan asuransi jiwa Jiwasraya.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 18 Desember 2019  |  08:24 WIB
Warga melintas di depan kantor Asuransi Jiwasraya di Jalan Juanda, Jakarta, Rabu (11/12/2019). - Antara
Warga melintas di depan kantor Asuransi Jiwasraya di Jalan Juanda, Jakarta, Rabu (11/12/2019). - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan sudah ada solusi atas masalah berat yang dihadapi perusahaan asuransi jiwa Jiwasraya.

Pernyataan itu disampaikan oleh Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019) menjawab pertanyaan wartawan mengenai kasus potensi gagal bayar BUMN asuransi jiwa dengan nilai lebih dari Rp10 triliun tersebut.

Kendati demikian, Jokowi tidak menjelaskan solusi apa yang dimaksud untuk menyelesaikan masalah salah satu perusahaan asuransi jiwa tertua di Indonesia tersebut.

Jokowi menyatakan Jiwasraya mengalami masalah sejak 10 tahun terakhir. Dalam 3 tahun terakhir, Jokowi mengatakan pemerintah telah mengetahui persoalan ini dan ingin menyelesaikannya, dan masalah itu bukan masalah yang ringan.

"Kemarin kita (pemerintah) sudah rapat, (antara) Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan, yang jelas gambaran solusinya sudah ada, kita tengah mencari solusi itu," kata Jokowi.

 Jokowi mengatakan aspek kriminal di Jiwasraya akan diselesaikan di ranah hukum. Seperti diketahui, kasus ini juga tengah ditangani Kejaksaan Agung. Di tempat yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan Jiwasraya adalah salah satu BUMN yang akan direstrukturisasi oleh pemerintah.

Menurutnya, Kementerian BUMN akan menyiapkan aneka solusi dalam 6 bulan mendatang.

Salah satu solusinya adalah holdingisasi perusahaan asuransi untuk membantu arus kas sebagai bagian dari penyelesaian masalah nasabah Jiwasraya yang sampai sekarang belum mendapat kepastian.

"Yang perlu saya tekankan itu restrukturisasinya," kata Erick.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi jiwasraya
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top