Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Mandiri Tingkatkan Kualitas Agen Laku Pandai

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. akan meningkatkan peran dan fungsi agen layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) milik perseroan pada 2020, alih-alih memasang target agresif penambahan jumlah agen baru.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 14 Januari 2020  |  19:42 WIB
Logo PT Bank Mandiri Tbk. (Persero). - Reuters
Logo PT Bank Mandiri Tbk. (Persero). - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. akan meningkatkan peran dan fungsi agen layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) milik perseroan pada 2020, alih-alih memasang target agresif penambahan jumlah agen baru.

SVP Micro Development and Agent Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Zedo Faly mengatakan penambahan agen Mandiri berkisar sama dengan tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 20.000 agen.

Zedo mengutarakan, selama ini Agen Mandiri telah berfungsi baik dalam memberikan referral untuk tabungan dan kredit yang kemudian di follow-up oleh kantor cabang.

"Fokus keagenan Bank Mandiri lebih kepada peningkatan kualitas agen utamanya dalam jumlah transaksi, penghimpunan dana, dan referral pengajuan kredit," katanya kepada Bisnis, Selasa (14/1/2019).

Perseroan mencatat, jumlah Agen Mandiri per Desember 2019 telah mencapai sebanyak 101.744 agen. Jika dirincikan, sebanyak 51.831 agen dilengkapi dengan mesin electronic data captured (EDC), sementara sisanya menggunakan website sebagai sarana transaksi.

Di samping itu, dana murah (current saving account saving/CASA) yang dihimpun melalui agen tercatat sebesar Rp2,9 triliun dengan frekuensi transaksi sepanjang tahun 2019 sebanyak 11,7 juta transaksi.

Zedo menyampaikan, capaian CASA melalui agen pada 2020 diharapkan melanjutkan tren positif tersebut, dengan peningkatan sebesar 20% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Untuk tahun 2020 kami berencana menyiapkan program marketing dan promosi serta monitoring yang lebih terstruktur dan berfokus untuk meningkatkan fungsi agen sebagai pemberi referral ditambah sebagai point collection pembayaran angsuran debitur," tutur Zedo.

Zedo menambahkan, dalam mendukung kualitas agen yang semakin baik pada 2020, perseroan akan melakukan peningkatan kompetensi di kantor cabang dan tenaga pemasar yang bertugas melakukan pendampingan terhadap agen.

Di samping itu, optimalisasi program secara intensifikasi dan ekstensifikasi di Agen Mandiri juga akan diterapkan sepanjang 2020, misalnya dengan beberapa memberikan reward ke agen atas akuisisi tabungan, tranksasi, referral kredit, serta peningkatan sales volume.

Penambahan fitur-fitur baru yang diminati oleh nasabah yang bertransaksi di agen juga akan dilakukan, imbuh Zedo, serta pendampingan bagi agen untuk  peningkatan kemampuan dan pengetahuan produk dan pengoptimalan program komunikasi internal dan fungsi sosial media.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri laku pandai
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top