Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR 15 JANUARI: Babak Akhir Kolusi Jiwasraya, Dewas KPK Bersuara

Berita mengenai skandal kolusi Jiwasraya dan pengusutan perkara korupsi, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Rabu (15/1/2020).
Pejalan kaki melintas di dekat logo PT Asuransi Jiwasraya, di Jakarta, Jumat (12/10/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Pejalan kaki melintas di dekat logo PT Asuransi Jiwasraya, di Jakarta, Jumat (12/10/2018)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai skandal kolusi Jiwasraya dan pengusutan perkara korupsi, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Rabu (15/1/2020).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Babak Akhir Kolusi Jiwasraya. Skandal kolusi menggerogoti PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Tabir kian terkuak, yang berujung pada penahanan Komisaris PT Hanson International Tbk. Benny Tjokrosaputro dan empat tersangka lainnya.

Pangkas Jatah Impor Langkah Tepat. Jatah impor crude oil atau minyak mentah untuk Pertamina sebesar 8.000 barel per hari atau sedikitnya 30 juta barel setahun mulai dipangkas pada tahun ini.

Kompetisi atau Sensasi? Pada 1 Desember, tepat 4 tahun lalu, publik dikejutkan dengan pengunduran diri Sigit Priadi Pramudito sebagai Dirjen Pajak. Sigit baru menjabat 10 bulan, dan menjadi Dirjen Pajak tersingkat sepanjang sejarah.

Ratusan Triliun Bakal Mengucur ke Jateng. Sekitar 270 proyek senilai Rp353,4 triliun bakal menyebar ke penjuru Jawa Tengah (Jateng) dalam 5 tahun ke depan. Rencana pelaksanaan proyek tersebut menjadi strategi pemerintah guna mempercepat roda perekonomian Jateng.

Dewas KPK Bersuara. Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi akhirnya bersuara terkait dengan rumor yang berkembang akhir-akhir ini. Kehadiran struktur baru dalam tubuh KPK berdasarkan UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan UU KPK itu, disebut-sebut memperlambat kinerja KPK dalam mengusut perkara korupsi.

Cuaca Buruk Hantui Karet. Gangguan pasokan diprediksi masih menghantui pasar karet dalam beberapa perdagangan ke depan. Kali ini, cuaca buruk di kawasan Asia Tenggara, khususnya Thailand sebagai produsen karet terbesar dunia, telah meningkatkan kekhawatiran pasar terhadap ketersediaan pasokan karet global.

Asuransi Mutual Kini Berpayung Hukum. Asuransi usaha bersama akhirnya memiliki payung hukum setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah No. 87/2019 tentang Perusahaan Asuransi Berbentuk Usaha Bersama pada akhir 2019.

Bank Optimistis Pacu Kredit UMKM. Penyaluran kredit untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada 2020 diproyeksikan tumbuh positif, meskipun perlambatan pembiayaan sektor ini terjadi pada akhir 2019.

Belanja Pemerintah Perlu Dipercepat. Industri makanan dan minuman mengalami anomali pada kuartal IV/2019. Pada triwulan terakhir biasanya kinerja bertumbuh, tetapi pada akhir tahun lalu cenderung melambat. Pemerintah diminta segera merealisasikan belanja awal tahun untuk menggairahkan pasar.

2G Makin Ditinggal. Operator seluler akan melanjutkan tren pemangkasan base transceiver station (BTS) 2G secara perlahan pada tahun ini, seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang lebih gemar menggunakan layanan data dibandingkan dengan layanan suara dan SMS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper