Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suku Bunga Ditahan, BI Dukung Penguatan Rupiah

Bank Indonesia (BI) meyakini nilai tukar rupiah akan terus menguat didukung dengan membaiknya performa kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) sejalan dengan pertumbuhan ekspor pada 2020.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 23 Januari 2020  |  14:52 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo  memberikan penjelasan saat acara jumpa pers hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia di Jakarta
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan penjelasan saat acara jumpa pers hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia di Jakarta


Bisnis.com, JAKARTA--Bank Indonesia (BI) meyakini nilai tukar rupiah akan terus menguat didukung dengan membaiknya performa kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) sejalan dengan pertumbuhan ekspor pada 2020.

Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan penguatan rupiah banyak didorong oleh pasokan valas dari para eksportir serta aliran masuk modal asing yang tetap berlanjut sejalan dengan prospek ekonomi Indonesia yang terjaga, daya tarik pasar keuangan domestik yang tetap besar.

Secara keseluruhan, BI menilai penguatan nilai tukar rupiah memberikan dampak positif terhadap momentum pertumbuhan ekonomi dan stabilitas makroekonomi.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang nilai tukar rupiah tetap stabil sesuai dengan fundamentalnya dan mekanisme pasar yang terjaga. Untuk mendukung efektivitas kebijakan nilai tukar dan memperkuat pembiayaan domestik, Bank Indonesia terus mengakselerasi pendalaman pasar keuangan, baik pasar uang maupun pasar valas," kata Perry dalam paparan RDG BI, Kamis (23/1/2020).

Dari data BI, pada 22 Januari 2020, rupiah menguat 1,74% (ptp) dibandingkan dengan level akhir Desember 2019. Perkembangan ini melanjutkan penguatan pada 2019 yang tercatat 3,58% (ptp) atau 0,76% secara rerata.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Rupiah
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top