Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suku Bunga Ditahan, BI Dukung Penguatan Rupiah

Bank Indonesia (BI) meyakini nilai tukar rupiah akan terus menguat didukung dengan membaiknya performa kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) sejalan dengan pertumbuhan ekspor pada 2020.
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo  memberikan penjelasan saat acara jumpa pers hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia di Jakarta
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan penjelasan saat acara jumpa pers hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia di Jakarta


Bisnis.com, JAKARTA--Bank Indonesia (BI) meyakini nilai tukar rupiah akan terus menguat didukung dengan membaiknya performa kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) sejalan dengan pertumbuhan ekspor pada 2020.

Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan penguatan rupiah banyak didorong oleh pasokan valas dari para eksportir serta aliran masuk modal asing yang tetap berlanjut sejalan dengan prospek ekonomi Indonesia yang terjaga, daya tarik pasar keuangan domestik yang tetap besar.

Secara keseluruhan, BI menilai penguatan nilai tukar rupiah memberikan dampak positif terhadap momentum pertumbuhan ekonomi dan stabilitas makroekonomi.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang nilai tukar rupiah tetap stabil sesuai dengan fundamentalnya dan mekanisme pasar yang terjaga. Untuk mendukung efektivitas kebijakan nilai tukar dan memperkuat pembiayaan domestik, Bank Indonesia terus mengakselerasi pendalaman pasar keuangan, baik pasar uang maupun pasar valas," kata Perry dalam paparan RDG BI, Kamis (23/1/2020).

Dari data BI, pada 22 Januari 2020, rupiah menguat 1,74% (ptp) dibandingkan dengan level akhir Desember 2019. Perkembangan ini melanjutkan penguatan pada 2019 yang tercatat 3,58% (ptp) atau 0,76% secara rerata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper