Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Dorong BRI Terlibat Omnibuslaw UMKM

Bank Rakyat Indonesia dapat mengambil peran pendukung guna menyuksesnya RUU Cipta Lapangan Kerja
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  21:47 WIB
Pengunjung melintasi logo Bank BRI di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (13/4). - Bisnis.com
Pengunjung melintasi logo Bank BRI di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (13/4). - Bisnis.com



Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengharapkan BRI ikut terlibat dalam mendukung omnibuslaw Cipta Lapangan Kerja yang berkaitan dengan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dalam rancangan Undang-undang Cipta Lapangan Kerja tersebut akan mencakup penyederhanaan perizinan, penyederhanaan investasi, aspek tenaga kerja hingga kemudahan dan perlindungan untuk UMKM. Disiapkan 11 kluster yang diyakini mempermudah investasi yang akhirnya menambah peluang terbukanya lapangan kerja.

"So this is very a good news, Kalau BRI mau fokus dengan UMKM, saya encourage untuk timnya untuk melakukan penelitian paket bagian UMKM ini. Kemudian BRI dengan programnya bisa memfasilitisasi," katanya dalam BRI Group Economic Forum 2020, Rabu (29/1/2020).

Menurutnya, pemerintah terus berfokus menurunkan angka pengangguran, kemiskinan, dan ketimpangan. Saat ini pengangguran Indonesia pada 2019 telah mencapai titik terendah.

Indonesia juga menargetkan untuk menurunkan tingkat kemiskinan berada di bawah sembila persen. Demikian juga dengan rentang kesenjangan atau gini ratio. Indonesia saat ini telah mendorong penurunan angka kesenjangan menjadi 0,38 persen dari sebelumnya di atas 0,4 persen.

Sri Mulyani mengatakan kemampuan untuk sebuah negara dalam mengkoreksi gini ratio, tingkat kemiskinan, dan pengangguran adalah pencapaian yang tidak mudah dalam kondisi ekonomi dunia penuh gejolak.

"Untuk sebuah negara kemampuan untuk mengoreksi gini ratio dan tingkat kemiskinan serta pengangguran adalah achievement yang tidak mudah dalam global environment yang volatile," sebutnya.

Sri yang sebelumnya berkiprah di Bank Dunia juga menekankan kuatnya sektor keuangan Indonesia. Saat sejumlah sektor ekonomi tumbuh sangat kecil bahkan minus namun sektor jasa keuangan selama 2019 mampu tumbuh sebesar 7 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri bri
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top