Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BRI Genjot Porsi Kredit UMKM Jadi 80 Persen Pada 2022

BRI membidik porsi penyaluran kredit ke sektor UMKM naik dari 78 persen menjadi 80 persen pada 2020. Perseroan pun menekan pemberian kredit ke segmen korporasi untuk mencapai target ini.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  22:43 WIB
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Sunarso (tengah), didampingi direksi lainnya memberikan penjelasan mengenai kinerja perusahaan di Jakarta, Kamis (23/1/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Sunarso (tengah), didampingi direksi lainnya memberikan penjelasan mengenai kinerja perusahaan di Jakarta, Kamis (23/1/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menargetkan porsi kredit UMKM mencapai 80 persen pada 2022.

Sepanjang tahun lalu BRI menyalurkan kredit senilai Rp907,4 triliun dengan porsi UMKM senilai Rp700 triliun atau mencapai 78 persen dari total. Artinya dengan target tersebut, penyaluran kredit ke UMKM terus mengalami peningkatan.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan pihaknya menekan porsi penyaluran kredit ke korporasi untuk meningkatkan pembiayaan ke sektor UMKM.

"Kami akan fokus ke sana [UMKM], sekarang kan sudah turun porsi korporasinya dan porsi UMKM sekarang 78 persen. Sampai 2022 kami targetkan [kredit UMKM] 80 persen," katanya, Rabu (29/1/2020).

Sementara itu, target pertumbuhan pertumbuhan penyaluran kredit BRI kurang lebih sebesar 10 persen sepanjang 2020. Adapun, target pertumbuhan penyaluran kredit tersebut lebih tinggi dari realisasi 2019 yang sebesar 8,4 persen.

Menurutnya, BRI akan tetap optimistis dalam meningkatkan target pertumbuhan kinerja. Dengan target pertumbuhan penyaluran kredit tersebut, Sunarso mengatakan pihaknya akan berhati-hati dalam mengelola balance sheet atau neraca saldo.

"Signal yang kami tangkap,  kami harus mengelola balance sheet secara hati-hati," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri kredit umkm
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top