Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Terpopuler Finansial: Dua Direksi Asabri Dicopot, CIMB Niaga-WeChat Pay Terimbas Virus Corona

Dua direksi Asabri yang resmi dicopot Kementerian BUMN menjadi berita terpopuler di kanal Finansial Bisnis.com pada Kamis (30/1/2020).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  18:47 WIB
Aktifitas layanan nasabah di kantor PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau Asabri di Jakarta, Kamis (16/1/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Aktifitas layanan nasabah di kantor PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau Asabri di Jakarta, Kamis (16/1/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

1. Kementerian BUMN Resmi Copot Dua Direksi Asabri

Kementerian Badan Usaha Milik Negara resmi merombak jajaran direksi PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau Asabri.

Perombakan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-36/MBU/01/2020 tentang pemberhentian, perubahan nomenklatur jabatan, dan pengangkatan anggota-anggota direksi Asabri. Surat ini diserahkan pihak Kementerian BUMN kepada Asabri pada Kamis (30/1/2020).

Baca berita lengkapnya di sini.

2. Uji Nyali BUMN Asuransi

Pada 2 bulan terakhir persoalan yang terjadi di tubuh perusahaan-perusahaan asuransi pelat merah datang bertubi-tubi. Pangkal persoalannya adalah pengelolaan investasi Asabri dan Jiwasraya yang terlalu berisiko demi menutup defisit masa lalu.

Pada saat bersamaan, pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan terkesan lemah akibat ketiadaan payung hukum terhadap industri keuangan non bank.

Baca berita lengkapnya di sini.

3. Ruang Penurunan Suku Bunga BI Terbuka hingga 50 Bps

Bank Indonesia diperkirakan masih akan melanjutkan kebijakan akomodatifnya dengan melanjutkan pemangkasan suku bunga sebesar 50 basis poin (bps) pada tahun ini.

Kepala Makroekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat mengatakan opsi tersebut dapat diambil lantaran tren inflasi yang relatif terkendali dan cukup stabilnya nilai tukar rupiah.

Baca berita lengkapnya di sini.

4. Kasus Asabri Memanas, Kemenkeu Akhirnya Buka Suara

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) buka suara terkait permasalahan dalam tubuh Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau Asabri setelah perusahaan mencatat hasil investasi negatif Rp4,94 triliun pada 2019.

Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan (KND) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Meirijal Nur menilai secara normatif perusahaan asuransi seperti Asabri harus memperhatikan tata cara dan aspek prudensial dalam memutuskan portofolio investasinya.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Virus Corona: Kerja Sama CIMB Niaga dan Wechat Pay Ikut Terdampak

Kerja sama PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga) dengan Wechat Pay, yang beroperasi di Indonesia, ikut terdampak virus corona.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan kedatangan turis China berpengaruh besar terhadap pertumbuhan kerja sama dengan Wechat Pay. Dengan penyebaran virus corona, pengunaan Wechat Pay terancam turun seiring dengan kemungkinan kedatangan turis dari Negeri Tirai Bambu tersebut ke Indonesia berkurang.

Baca berita lengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asabri Berita Terpopuler
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top