BRI Gaet Lebih Banyak Usaha Kecil Via Transformasi Digital

Transformasi digital menciptakan efisiensi serta menciptakan value baru melalui new business model, sehingga BRI bisa lebih cepat dalam melayani UMKM dan menyediakan pembiayaan dengan lebih murah.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 31 Januari 2020  |  09:57 WIB
BRI Gaet Lebih Banyak Usaha Kecil Via Transformasi Digital
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Sunarso (tengah), didampingi direksi lainnya memberikan penjelasan mengenai kinerja perusahaan di Jakarta, Kamis (23/1/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memperbesar segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia melalui transformasi digital.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan UMKM masih mengalami kendala untuk naik kelas. Perseroan pun memiliki misi untuk melayani pelaku usaha kecil sebanyak mungkin dengan biaya semurah mungkin.

Menurutnya, misi tersebut dapat dicapai melalui go smaller, go shorter, dan go faster. Artinya, penetapan target market diupayakan lebih kecil, perputaran pinjaman lebih cepat, dan pemrosesan lebih cepat.

"Hal itu bisa kami capai melalui transformasi digital untuk mendapatkan efisiensi serta menciptakan value baru melalui new business model," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (31/1/2020).

Hingga akhir Desember 2019 tercatat penyaluran kredit bank dengan kode saham BBRI ini mencapai Rp907,4 triliun atau tumbuh 8,3 persen dibandingkan dengan periode tahun lalu. Penyaluran kredit tersebut juga berada di atas rata rata industri perbankan yang tumbuh sebesar 6,08 persen.

Dari total pinjaman tersebut, 78 persen di antaranya disalurkan ke sektor usaha kecil dan ditargetkan porsi ke segmen ini bisa meningkat hingga 80 persen pada 2022.

Dia menambahkan ke depan perseroan bertujuan menciptakan value kepada shareholder dalam bentuk kinerja keuangan yang baik dan berkelanjutan, sedangkan untuk nasabah BRI memberikan layanan di atas ekspektasi.

"Kepada karyawan, kami menyediakan tempat kerja yang kondusif untuk menumbuhkembangkan karir sesuai potensinya serta kepada masyarakat kami membawa CSR BRI Peduli melalui program 3P, yaitu pro planet, pro profit, dan pro people," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bri, umkm, kredit umkm

Editor : Annisa Sulistyo Rini
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top