Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Adie Soesetyantoro Komisaris Independen Bank Mantap, Ditarget Penguatan Perusahaan

Adie Soesetyantoro sebelumnya merupakan Deputi Komisioner Strategic Committee dan Pusat Riset, Otoritas Jasa Keuangan.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 20 Februari 2020  |  13:20 WIB
Suasana setelah RUPS Bank Mantap - Istimewa
Suasana setelah RUPS Bank Mantap - Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR—Bank Mandiri Taspen atau Mantap mengangkat Adie Soesetyantoro sebagai komisaris independen.

Adie merupakan purna bakti Deputi Komisioner Strategic Committee dan Pusat Riset, Otoritas Jasa Keuangan. Kehadiran Adie diharapkan dapat memperkuat perseroan.

Direktur Compliance & Risk Bank Mantap Paulus Endra Suyatna menjelaskan pengangkatan komisaris indepen ini sebagai upaya menjaga kinerja agar tetap sustained dengan tata kelola Good Corporate Governance (GCG) yang baik dan terukur. Masukknya Adie Soesetyantoro sebagai komisaris independen diyakini akan mendorong kinerja lebih baik lagi khususnya dalam bidang kepatuhan terhadap regulasi perbankan.

“Kami berharap dengan pengalaman beliau selama di Bank Indonesia dan OJK dapat membawa angin segar dalam menjaga tingkat kesehatan Bank dan kepatuhan terhadap peraturan peraturan yang berkaitan dengan regulator perbankan seperti Bank Indonesia, OJK, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK),” ujar Endra, Kamis (20/2/2020).

Tambahan komisaris tersebut menjadikan anak usaha dua BUMN, Bank Mandiri dan Taspen ini memiliki tiga komisaris independen. Sebelumnya, Bank Mantap sudah memiliki dua komisaris independen yakni, Sukoriyanto Saputro dan Zudan Arif Fakrulloh.

Endra menekankan bahwa jajaran Direksi Bank Mantap berharap Adie Soesetyantoro segera efektif menjadi Komisaris Independen Bank Mantap setelah menjalani fit & proper oleh OJK dalam waktu dekat ini. Dia menegaskan kehadirannya akan banyak membantu perseroan dalam penyusunan regulasi internal  dan mitigasi risiko seiring dengan perkembangan bisnis Bank Mantap yang semakin kompleks.

“Salah satu indikator Bank Mantap selalu menjaga tata kelola perseroan yang baik adalah keberhasilan Perseroan memperoleh Rating AA dari PT Fitch Rating Indonesia,  serta penghargaan Sangat Terpercaya oleh lembaga independen dalam penilain Corporate Governance Perception Index (CGPI) pada tahun ini, penghargaan ini merupakan apresiasi dari pihak eksternal kepada kami yang senantiasa  berkomitmen dalam menjaga Perseroan agar selalu sehat dan bertumbuh dengan baik,” tutur Endra.

Perubahan susunan komisaris ini disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2019 PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap), yang digelar pada tanggal 14 Februari 2020. Disamping mengangkat Komisaris Independen, RUPST juga menetapkan penggangkatan anggota Direksi baru yaitu Agus Sanjaya yang menggantikan Direktur Nurkholis Wahyudi yang kembali ke Bank Mandiri karena penarikan penugasan dari perusahaan induk.

Adapun susunan pengurus Dewan Komisaris  dan Direksi Perseroan adalah sebagai berikut :

  1. Komisaris Utama : Abdul Rachman
  2. Komisaris : Agus Haryanto
  3. Komisaris Independen : Sukoriyanto Saputro
  4. Komisaris Independen : Zudan Arif Fakrulloh
  5. Komisaris Independen :  Adie Soesetyantoro *)

 Direksi :

  1. Direktur Utama : Josephus K. Triprakoso
  2. Direktur : Paulus Endra Suyatna
  3. Direktur : Iwan Soeroto
  4. Direktur : Agus Sanjaya *)

 *) efektif setelah dinyatakan fit & proper oleh OJK

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Mantap
Editor : Anggara Pernando
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top