Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jamaah Umrah Wajib Punya Asuransi, Bagaimana Prosedur Pembeliannya?

Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 8/2018 tentang Penyelenggaraan Ibadah Umrah mewajibkan jamaah Umrah untuk mempunyai asuransi minimal Rp50.000 per orang.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 27 Februari 2020  |  08:18 WIB
Suasana kegiatan beribadah di sekeliling Kabah - JIBI/Istimewa
Suasana kegiatan beribadah di sekeliling Kabah - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah memberlakukan wajib asuransi syariah bagi jamaah umrah dengan harga premi minimal Rp50.000 per orang yang akan disediakan oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah atau PPIU.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) Erwin Noekman mengungkapkan kepemilikan polis asuransi syariah menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi calon jemaah umrah sebelum keberangkatan. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 8/2018 tentang Penyelenggaraan Ibadah Umrah.

Menurut Erwin, calon jemaah umrah dapat memperoleh polis asuransi melalui PPIU yang dipilihnya. Saat hendak mendaftarkan jamaahnya, PPIU akan memilih salah satu perusahaan asuransi syariah di dalam Sistem Aplikasi Perizinan dan Akreditasi Umrah (Siskopatuh) Kementerian Agama.

Jemaah dapat menyarankan PPIU untuk membeli polis asuransi dari salah satu perusahaan asuransi syariah. Namun, Erwin menyarankan agar PPIU bekerja sama dengan perusahaan asuransi syariah yang dikehendaki agar lebih nyaman.

"Sistemnya itu nanti online semua, biayanya langsung terpotong, dan dari Kemenag sendiri pun lebih mudah untuk melakukan rekapitulasi, melakukan perhitungan atau pengecekan," ujar Erwin kepada Bisnis, Rabu (26/2/2020).

Mengacu kepada PMA 8/2018, AASI menjalin kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dewan Syariah Nasional, Kementerian Agama, dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk meluncurkan Asuransi Syariah Perjalanan Umrah (ASPU).

Polis ASPU dibanderol harga minimal Rp50.000 per orang per perjalanan dan polis ASPU Plus dengan perluasan manfaat dibanderol seharga Rp50.000 per orang per perjalanan. Saat ini, terdapat 22 perusahaan asuransi syariah yang menyediakan layanan asuransi bagi jemaah umrah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi umrah
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top