Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BJB Syariah Targetkan Pembiayaan Perumahan Tumbuh 22%

Target tersebut dilalui setelah sebelumnya perbankan syariah menemui peristiwa tak mengenakkan. Yakni, investasi bodong dengan embel-embel syariah.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 08 Maret 2020  |  15:25 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan perumahan bersubsidi di Taktakan, Serang, Banten, Senin (17/2/2020). -  ANTARA / Asep Fathulrahman
Pekerja menyelesaikan pembangunan perumahan bersubsidi di Taktakan, Serang, Banten, Senin (17/2/2020). - ANTARA / Asep Fathulrahman

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Jabar Banten Syariah (BJBS), Indra Falatehan, menyampaikan total outstanding pembiyaan perumahan yang disalurkan perseroan pada 2019 tercatat sebesar Rp1,05 triliun.

"Untuk 2020 ini kami proyeksikan pembiayaan perumahan dapat tumbuh sekitar 22% dibandingkan dengan tahun lalu," kata Indra kepada Bisnis, Jumat (6/3/2020).

Indra menjelaskan, dalam mendorong pembiayaan segmen tersebut, tentunya bank mengalami tantangan. Salah satunya kasus pengembang syariah bodong baru-baru ini. Menurutnya, kasus tersebut cukup mengganggi industri perbankan syariah.

Dengan menyasar segmen pasar masyarakat yang ingin hijrah, peristiwa itu tentunya menimbulkan image yang kurang baik bagi perbankan syariah di mata nasabah dan calon nasabah.

"Hal ini tentunya diperlukan edukasi dan literasi yang lebih baik bersama-sama dari industri perbankan syariah, regulator, serta asosiasi-asosiasi pengembang perumahan," katanya.

Indra mengutarakan, dalam memitigasi pengembang nakal pun, perseroan selalu melakukan kerja sama dengan pengembang yang wajib terdaftar dan memperoleh rekomendasi dari asosiasi.

Perseroan juga memilih pengembang yang telah berpengalaman menjalin kerja sama dengan baik lainnya. Selain itu, BJBS sebelum bekerja sama dengan developer yang melakukan proses seleksi dan analisa yang ketat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah perbankan bank bjb syariah
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top