Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham Bank Maspion Siap Dilego ke Investor Thailand

Transaksi ini ditujukan untuk dapat memberi akses yang lebih luas kepada pelaku usaha dan investor Thailand yang telah melaksanakan investasinya di Indonesia.
Bank Maspion/Bisnis.com
Bank Maspion/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Maspion Tbk. telah menandatangani conditional sale and purchase agreement (CSPA) dengan investor asal Thailand Kasikorn Vision (KVision) terkait dengan penjualan saham perseroan.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia pada Rabu (15/4/2020), perseroan mengumumkan KVision akan melakukan pembelian saham yang dimiliki oleh PT Alim Investindo sebesar 602.502.083 saham yang 13,56 persen dari total modal ditempatkan dan disetor perusahaan, PT Maspion sebesar 314.243.805 saham yang mewakili 7,07 persen total modal ditempatkan dan disetor.

Kemudian, PT Husin Investama sebesar 125.000.000 saham yang mewakili 2,81 persen total modal ditempatkan dan disetor perseroan, PT Maspion Investindo sebesar 109.375.000 saham atau 2,46 persen total modal, dan 5 pemegang saham individual sebesar 182.361.920 saham atau 4,11 persen dari total modal.

"Berdasarkan CSPA, KVision akan melakukan pembelian saham dalam perseroan yang dimilik pemegang saham tersebut," kata Direktur Bank Maspion Endah Winarni dalam keterbukaan Informasi.

Adapun, KVision merupakan anak usaha dari Kasikorn Bank. Perusahaan ini diinisiasi di bawah mandat untuk memperoleh kemampuan peningkatan nilai baru untuk Kasikorn Bank.

Endah menyebutkan, transaksi ini ditujukan untuk dapat memberi akses yang lebih luas kepada pelaku usaha dan investor-investor asal Thailand yang telah melaksanakan investasinya di Indonesia.

"Terutama untuk usaha dan investasi yang masih termasuk dalam cakupan bisnis kantor jaringan di pusat dan wilayah kota besar."

Endah menyebutkan transaksi ini pun akan membantu Bank Maspion untuk mendukung rencana pengembangan layanan digital.

"Ini juga merupakan salah satu visi misi kami," katanya.

Adapun, penyelesaian transaksi akan dilakukan setelah seluruh persyaratan sebagaimana diatur dalam CSPA telah dipenuhi dan fit and proper pemegang saham disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebagai informasi, Kasikorn Bank sebelumnya telah memiliki saham melalui pasar modal sebesar 9,99 persen di Bank Maspion. Adapun, pemegang saham pengendali saat ini masih Alim Markus melalui PT Alim Investindo sebesar 62,01 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper