Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ada Corona, BTN Tetap Fokus Kembangkan Teknologi

Walaupun perseroan melakukan efisiensi di tengah pandemi, pengembangan teknologi tetap dilakukan.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  13:47 WIB
Pengunjung mencari informasi di stan Bank BTN pada pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Pengunjung mencari informasi di stan Bank BTN pada pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. masih akan fokus pada pengembangan teknologi untuk dapat tetap mengembangan bisnis transaksi tahun ini

Direktur Finance, Planning, & Treasury PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Nixon L. P. Napitupulu mengatakan perseroan fokus melakukan efisiensi lantaran tekanan ekonomi dari pandemi virus corona. Namun, upaya untuk pengembangan teknologi masih akan tetap dipertahankan.

"Teknologi terkait transaction banking, seperti penyempurnaan mobile banking untuk consumer, internet banking untuk tabungan bisnis, maupun cash management masih akan kami pertahankan," katanya kepada Bisnis, Selasa (26/5/2020).

Meski demikian, Nixon mengatakan anggarannya mengkin tetap akan dipotong dari awalnya Rp500 miliar. "Kami tetap fokus ke transaction banking yang digital. Namun, yang tidak terkait bisnis kami review. Ada potensi ke arah pemanggkasan anggaran itu. Nanti kami sampaikan saat revisi target bisnis," imbuhnya.

Sebelumnya, Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings, memprediksi penyebaran pandemi Covid-19 akan cenderung memacu strategi transformasi digital sejumlah perbankan di wilayah Asia Tenggara.

Dalam publikasinya, Tim Fitch Ratings menuliskan pandemi Covid-19 menghasilkan fenomena social distancing. Para pelanggan diperkirakan akan beralih kepada layanan yang lebih nyaman selama krisis.

Fitch mengatakan bank dengan sistem digital yang telah mapan dan maju akan memperoleh keuntungan dari tren tersebut. Selain itu, perbankan akan memetik manfaat dari potensi peningkatan produktivitas serta penghematan biaya dari cabang-cabang yang ditutup dalam jangka menengah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btn bank bumn rencana bisnis bank
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top