Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kucurkan KUR ke Anggota Koperasi, BRIS Dukung UMKM di Pesantren

Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah Fidri Arnaldy menuturkan perseroan masih melanjutkan komitmen untuk mendukung kemajuan sektor UMKM di pesantren guna mengoptimalkan potensi ekonomi dan perbankan syariah.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 18 Juni 2020  |  18:31 WIB
Di tengah penyebaran pandemi Covid-19, BRI Syariah melakukan berbagai penyesuaian, termasuk mengenai layanan di kantor-kantor cabang. - Dokumen BRI Syariah
Di tengah penyebaran pandemi Covid-19, BRI Syariah melakukan berbagai penyesuaian, termasuk mengenai layanan di kantor-kantor cabang. - Dokumen BRI Syariah

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank BRI Syariah Tbk. berkomitmen untuk terus mendukung pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di pesantren melalui berbagai program terobosan guna memaksimalkan potensi ekonomi dan perbankan syariah Indonesia.

Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah (BRIS) Fidri Arnaldy menuturkan perseroan masih melanjutkan komitmen untuk mendukung kemajuan sektor UMKM di pesantren guna mengoptimalkan potensi ekonomi dan perbankan syariah.

“Kami fokus untuk memberikan dukungan dan solusi-solusi terbaik kepada para pelaku UMKM di lingkungan pesantren melalui berbagai program dan layanan seperti pembiayaan untuk kopontren dan layanan transaksi keuangan digital,” ujar Fidri dalam siaran pers BRIS, Rabu (17/6/2020).

Adapun, pada masa pandemi Covid-19 saat ini, BRIS memberikan dukungan pembiayaan KUR kepada anggota koperasi pesantren yang membutuhkan modal untuk pengembangan usaha.

Koperasi pesantren tersebut biasanya beranggotakan santri atau pengurus pesantren yang memiliki usaha di bidang peternakan, perkebunan dan pertanian. “Di tengah pandemi ini kita harus melakukan inovasi. Selain itu kita harus bersama-sama bangkit, dan bersinergi,” ujar Fidri.

Di samping itu, Fidri mengatakan perseroan pun UMKM pesantren memiliki potensi besar untuk tumbuh di tengah pandemi Covid-19 antara lain yang bergerak di sektor barang-barang pribadi yang berhubungan dengan kesehatan, pengolahan pangan, e-commerce, pertanian. 

“Untuk itu, kami akan terus fokus mendukung upaya peningkatan skala usaha UMKM syariah guna mengakselerasi pengembangan ekonomi dan perbankan syariah demi kesejahteraan umat,” tutur Fidri.

Adapun, hingga tahun 2020 BRI Syariah telah membantu pelaku UMKM yang tergabung dalam komunitas seperti Bekraf, MUI, YBM BRI, pondok pesantren dan komunitas lainnya. Total penyaluran KUR BRI Syariah hingga bulan Mei 2020 mencapai Rp4,65 triliun yang disalurkan kepada 121.730 nasabah.

BRIS memproyeksikan dana pembiayaan KUR yang dapat disalurkan untuk sektor UMKM sampai akhir tahun ini mencapai Rp3 triliun, dengan potensi peningkatan jumlah nasabah hingga 56.000.

Khusus bulan Januari hingga Mei 2020, BRI Syariah telah menyalurkan sekitar Rp2 triliun KUR, artinya telah memenuhi 66 persen dari target KUR tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm kur bri syariah pesantren
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top