Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wajib PIN Kartu Kredit Mulai 1 Juli, BCA Aktif Sosialisasi ke Nasabah

BCA secara aktif memberikan sosialisasi kepada nasabah pemegang kartu kredit di seluruh Tanah Air untuk mengaktifkan PIN kartu kredit sebelum 1 Juli 2020.
Nasabah melalukan transaksi lewat mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik PT Bank Central Asia Tbk (BCA) di Jakarta, Senin (9/7/2018). Bisnis/Nurul Hidayat
Nasabah melalukan transaksi lewat mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik PT Bank Central Asia Tbk (BCA) di Jakarta, Senin (9/7/2018). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Sesuai Peraturan Bank Indonesia, per tanggal 1 Juli 2020, seluruh transaksi kartu kredit diwajibkan menggunakan PIN. PT Bank Central Asia Tbk. pun aktif memberikan sosialisasi kepada nasabah terkait hal ini.

Executive Vice President of Transaction Banking Business Development of BCA I Ketut Alam Wangsawijaya mengatakan sebagai bagian dari sistem keuangan nasional yang tentunya mendukung kebijakan tersebut, BCA berharap nasabah proaktif mengaktifkan PIN untuk keamanan dan kenyamanan dalam transaksi finansial menggunakan kartu kredit.

Perseroan secara aktif memberikan sosialisasi kepada nasabah pemegang kartu kredit di seluruh Tanah Air untuk mengaktifkan PIN kartu kredit sebelum 1 Juli 2020.

"Kami pun telah melakukan sosialisasi ini melalui penyebaran informasi secara masif melalui beragam kanal antara lain website BCA, email, media sosial, dan kanal informasi lainnya. Bagi nasabah pemegang kartu kredit BCA yang masih belum mengaktifkan PIN, kami harapkan dapat segera melakukan aktivasi sebelum 1 Juli 2020," ujarnya dalam siaran pers, Senin (22/6/2020).

Sebagai informasi, hingga Mei 2020, tercatat 84 persen sudah melakukan aktivasi PIN untuk bertransaksi dengan kartu kredit.

Secara umum, terdapat tiga cara untuk mengaktifkan PIN kartu kredit antara lain via BCA mobile, via website resmi BCA, dan via ATM BCA. Untuk mengetahui cara lengkapnya, nasabah dapat memperoleh informasi pada website BCA dan akun resmi BCA di platform video Youtube.

Adapun, untuk aktivasi PIN kartu kredit via aplikasi BCA Mobile, pilih fitur mAdmin, pilih aktivasi kartu Kredit, lalu pilih buat/ubah PIN, dan pilih buat PIN. Lalu, pilih Kartu Kredit mana yang mau dibuat PIN, lalu input PIN yang dikehendaki dan PIN Kartu Kredit Anda kini sudah aktif.

Selain itu, nasabah dapat melakukan aktivasi PIN melalui website BCA www.bca.co.id/creditcard dengan mengisi form Verifikasi Data https://eform.klikbca.com/fasilitasonlinecc/.

Setelah menekan “Proses”, pilih “Aktivasi PIN”, pilih kartu yang akan diaktivasi, masukkan 6 digit “Kode Otentikasi” yang diterima melalui SMS*, tekan “Proses”, masukkan 6 digit PIN baru, tekan “Proses” dan Anda akan menerima SMS notifikasi.

Selain melalui BCA mobile dan Website BCA, nasabah dapat melakukan aktivasi PIN kartu kredit melalui ATM BCA, dengan memasukkan Kode Otentikasi yang dikirim melalui SMS BCA setelah kartu kredit diaktifkan.

Caranya, masukkan Kartu Kredit, pilih “Aktivasi PIN”, masukkan 6 digit “Kode Otentikasi” yang diterima melalui SMS*, tekan “Benar”. Jika valid, tekan “Lanjutkan” dan masukkan 6 digit PIN baru (2 X). PIN Anda sudah aktif, Anda akan menerima SMS notifikasi.

“Jadi, mumpung masih ada waktu, yuk aktivasi PIN kartu kredit dan mulai biasakan menggunakan PIN untuk bertransaksi kartu kredit dari sekarang, sebelum PIN mandatory diberlakukan,” imbuh I Ketut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper