Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BRI Optimistis Kredit 2020 Tumbuh 4-5 Persen

Direktur Utama Bank BRI Sunarso menyebutkan bahwa peluang untuk permintaan kredit masih ada terutama dari sektor-sektor seperti pertanian dan peternakan.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  11:29 WIB
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) Sunarso menjawab pertanyaan awak media sesuai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) Sunarso menjawab pertanyaan awak media sesuai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk. tetap optimistis mampu mencetak pertumbuhan kinerja positif kredit pada tahun ini kendati ada perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso menyebutkan bahwa peluang untuk permintaan kredit masih ada terutama dari sektor-sektor seperti pertanian dan peternakan serta dari segmen UMKM. 

“Kredit kami proyeksikan tetap tumbuh positif pada 2020. Masing-masing bank berbeda-beda, tapi untuk BRI kami proyeksikan tumbuh 4 persen – 5 persen,” kata Sunarso dalam konferensi pers usai pertemuan dengan Otoritas Jasa Keuangan, Rabu (1/7/2020).

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk kinerja perbankan secara nasional juga diproyeksikan masih akan mengalami pertumbuhan, kendati besaranya mungkin tidak setinggi 2019.

Permintaan kredit mulai mengalir karena aktivitas perekonomian sudah mulai dibuka kembali setelah sempat terhenti akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan akibat penyebaran pandemi Covid-19.

Dia mencontohkan, untuk konsumsi mulai bergerak karena manusia tetap memerlukan kebutuhan pokok seperti makanan. Sehingga kegiatan produksi di tingkat petani dan peternak, maupun aktivitas distribusi barang dan transportasi, merupakan bentuk kegiatan yang dapat menyerap kredit modal kerja.

Kendati demikian, Sunarso menekankan pengucuran kredit akan dilakukan dengan tetap berhati-hati untuk menjaga kualitas kredit agar tidak menambah rasio kredit bermasalah di kemudian hari.

“Kami optimis full year 2020 prospek perbankan untuk tumbuhkan kredit masih ada. Tahun lalu sekitar 6 persen, tahun ini pun kredit masih tumbuh positif. Tapi berapa persentasenya, kami prediksikan akan tetap tumbuh positif secara nasional,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan kredit bri
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top