Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mitra UMKM di Gojek Dapat Akses Kredit Bunga Ringan Program DigiKu dari Bank BUMN

Sejalan dengan itu, mitra merchant UMKM GoFood dan mitra pengemudi akan mendapatkan akses pinjaman dengan fasilitas bunga ringan dari anggota Himbara, termasuk Bank BRI.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  22:22 WIB
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di Jakarta, Senin (3/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di Jakarta, Senin (3/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Gojek menjadi salah satu mitra bank BUMN alias Himpunan Bank Bank Milik Negara (Himbara) dan pemerintah dalam program Digital Kredit untuk UMKM (DigiKU) yang diluncurkan Jumat lalu.

Sejalan dengan itu, mitra merchant UMKM GoFood dan mitra pengemudi akan mendapatkan akses pinjaman dengan fasilitas bunga ringan dari anggota Himbara, termasuk Bank BRI.

DigiKU sendiri merupakan gerakan bersama antara pemerintah, Himbara, dan pelaku ekosistem digital sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Shinto Nugroho, Chief Public Policy and Government Relations Gojek, memaparkan Gojek sudah berkolaborasi dengan BRI salah satu bank Himbara untuk menyediakan akses fasilitas pinjaman bunga ringan kepada mitra UMKM.

“Situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra kami, sehingga fasilitas pinjaman bunga ringan ini akan membantu meringankan beban keuangan mereka. Khususnya bagi UMKM, fasilitas yang diberikan diharapkan mampu untuk menjaga perputaran usaha sekaligus menangkap kesempatan baru,” kata Shinto, Senin (20/7/2020).

Dia menyampaikan apresiasi dan berterima kasih atas upaya gotong royong Bank BRI dan pemerintah yang telah memberikan fasilitas pinjaman khusus dirancang bagi mitra UMKM Gojek agar bisa maju bersama ekosistem Gojek. 

Sebagai mitra dalam program DigiKu, Gojek juga akan menyediakan informasi bagi Himbara dan pemerintah untuk mendukung penyaluran kredit yang tepat bagi UMKM. Hal ini mengingat salah satu tantangan yang dihadapi dalam penyaluran kredit pada UMKM adalah keterbatasan data transaksional dan kesehatan usaha mereka serta aset untuk dijaminkan.

Melalui skema gotong-royong yang ada dalam program DigiKU, Gojek membantu Himbara untuk dapat mengetahui mana UMKM yang tepat untuk memperoleh bantuan pembiayaan.

Upaya Gojek dalam membantu UMKM di tengah pandemi Covid-19 juga dilakukan melalui solusi komprehensif yang memanfaatkan teknologi dan non-teknologi.

Solusi yang ditawarkan Gojek mencakup pembinaan untuk pengelolaan usaha yang efisien, pelatihan wirausaha, serta promosi yang berkelanjutan akan membantu UMKM supaya usahanya terus bergerak.

Dengan perputaran usaha yang sehat, mitra UMKM semakin layak mendapatkan berbagai macam kesempatan untuk memperoleh stimulus dari Himbara dan pemerintah, termasuk DigiKU.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit bri umkm bank bri Gojek
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top