Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Banten Tambah Modal, DPRD: Pemda Perlu Kaji Investasi Daerah Lebih Dulu

Ketua Bicara Komisi III DPRD Banten Gembong Rudiansyah Sumedi mengatakan, dalam rangka upaya penyelamatan dan penyehatan Bank Banten, pansus menyarankan beberapa upaya yang perlu dilakukan pemerintah provinsi Banten.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  15:46 WIB
Gedung Bank Banten - bankbanten.co.id
Gedung Bank Banten - bankbanten.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Panitia Khusus Raperda Perubahan Perda 5/2013 tentang penambahan penyertaan modal ke PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (BEKS) memberikan sejumlah saran dan upaya untuk penyehatan lembaga jasa keuangan tersebut.

Ketua Bicara Komisi III DPRD Banten Gembong Rudiansyah Sumedi mengatakan, dalam rangka upaya penyelamatan dan penyehatan Bank Banten, pansus menyarankan beberapa upaya yang perlu dilakukan pemerintah provinsi Banten.

Pemprov Banten disarankan untuk melakukan pembenahan secara serius terhadap internal PT Banten Global Development selaku induk dari PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. Selain itu, pemerintah daerah dinilai juga harus melakukan pembenahan manajemen BPD Banten untuk menunjang upaya penyehatan.

"Kemudian pemda terlebih dahulu melakukan kajian investasi daerah sebelum melakukan penambahan penyertaan modal," katanya dalam rapat paripurna DPRD Banten, Selasa (21/7/2020).

Adapun tahap pembahasan Raperda Perubahan Perda 5/2013 telah dilakukan mulai 15 Juli 202 lewat melakukan rapat kerja dengan tim penyusun Universitas Sultan Agung Tirtaysa yang dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Kemudian, pada 16 Juli 2020, Komisi III DPRD Banten juga melakukan rapat dengar pendapat dengan Kejaksaan Tinggi Banten, Kepolisian Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Otoritas Jasa Keuangan, Kanwil Hukum dan HAm, Bank Indonesia Perwakilan Banten, LPD, OPD Provinsi Banten, serta PT BPD Banten Tbk. dan PT Banten Development.

Pada 18 Juli 2020, rapat dilanjutkan dengan finalisasi bersama OPD Provinsi Banten, PT Banten Global Development, dan BPD Banten. Terakhir, 21 Juli 2020 Komsisi III melakukan rapat pleno setelah mendapatkan hasil fasilitas Kementerian Dalam Negero RI yang juga dihadiri OPD Banten terkait.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan modal likuiditas Bank Banten
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top