Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hingga Juni, Bank Mandiri Salurkan Kredit Digital Rp192,8 Miliar

Bank Mandiri telah menyalurkan kredit digital tersebut kepada 6.639 debitur per akhir Juni.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 23 Juli 2020  |  22:34 WIB
Nasabah melakukan transaksi elektronik lewat ATM Bank Mandiri di Jakarta, Senin (1/10/2019). Bisnis - Nurul Hidayat
Nasabah melakukan transaksi elektronik lewat ATM Bank Mandiri di Jakarta, Senin (1/10/2019). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyatakan hingga akhir Juni 2020, penyaluran kredit digital telah mencapai Rp192,8 miliar.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rully Setiawan menyampaikan bahwa perseroan telah menyalurkan kredit digital tersebut kepada 6.639 debitur per akhir Juni.

“Bank Mandiri telah memiliki kerjasama penyaluran kredit digital dengan tiga e-commerce, yakni Bukalapak, Tokopedia dan Shopee, serta beberapa tekfin P2P seperti Amartha, Crowde, Investree, Akseleran dan Koinworks,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (23/7/2020).

Dia menjelaskan dalam kerja sama ini, penilaian profil debitur dilakukan dengan menggunakan metode machine learning yang dilakukan oleh pihak tekfin. Hal ini kemudian akan dijadikan dasar untuk memberikan limit kredit digital ke masing-masing mitra atau debturnya.

Pemanfaatan teknologi informasi terkini oleh e-commerce maupun tekfin dalam penyediaan alternatif data dinilai sangat membantu perseroan untuk pengembangan scoring kredit.

Dengan teknologi ini, scoring kredit dapat disesuaikan dengan dengan karakteristik target market UMKM yang beragam dan untuk menyesuaikan diri dengan ekosistem ekonomi digital.

Dengan demikian, menurutnya meski dilakukan secara daring, Bank Mandiri tetap dapat bahwa pembiayaan model non-tradisional ini akan memenuhi prinsip kehati-hatian dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG).

“Dengan demikian, kolaborasi ini akan membuat industri perbankan lebih cepat beradaptasi pada perubahan di luar, seperti semakin berkembangnya bisnis model economic sharing,” jelasnya.

Dia menambahkan dari kerja sama ini, perseroan tidak hanya mendapatkan margin dari sisi penyaluran kredit. Menurutnya hal ini juga kian peluang penyaluran kredit baru lewat aplikasi pengajuan modal nasabah via mitra e-commerce dan tekfin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit bank mandiri e commerce fintech
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top