Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Minat Beli Rumah? Tengok Dulu Suku Bunga KPR di 4 Bank Ini

Masyarakat bisa memanfaatkan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk mencicil pembelian hunian. Bisnis merangkum penawaran KPR dari BTN, Bank Mandiri, CIMB Niaga, dan BCA.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 06 Agustus 2020  |  12:58 WIB
Ilustrasi - uangteman.com
Ilustrasi - uangteman.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Iklan hunian murah banyak bertebaran di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, Kementerian Keuangan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) juga menyediakan situs lelang.go.id untuk masyarakat umum.

Jangan sampai alokasi dana yang kurang menjadi penghalang untuk memiliki hunian pada tahun ini. Masyarakat bisa memanfaatkan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk mencicil pembelian hunian.

Bisnis pun menelusuri suku bunga KPR yang bisa menjadi referensi dalam pembelian rumah pada tahun ini.

1. Bank BTN

Suasana layanan di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk di Jakarta, Senin (8/1)./JIBI-Dedi Gunawan

Bank spesialis perumahan rakyat ini menawarkan bunga yang cukup rendah untuk KPR subsidi yakni sebesar 5 persen fixed sepanjang jangka waktu kredit dengan biaya provisi 0,5 persen dan biaya administrasi Rp250.000. Bahkan, uang muka ringan mulai dari 1 persen dengan jangka waktu hingga dua tahun.

Sementara itu, untuk KPR mikro dan platinum, BTN menawarkan suku bunga masing-masing sebesar 9 persen sepanjang jangka waktu kredit dan 10 persen fixed 1 tahun.

2. Bank Mandiri

Karyawan melintas di dekat logo milik Bank Mandiri di Jakarta, Kamis (8/8/2019). Bisnis/Arief Hermawan P

Bank Mandiri juga tidak kalah memberikan penawaran menarik yakni suku bunga KPR mulai dari 7,58 persen fixed tiga tahun untuk KPR baru. Sementara itu, untuk KPR eksisting memiliki bunga sebesar 13,25 persen floating.

Dilansir dari situs resminya, Bank Mandiri menawarkan beberapa keuntungan KPR-nya, yaitu suku bunga kompetitif, proses cepat dan mudah sejak awal, uang muka ringan, jangka waktu hingga 20 tahun, dan kerja sama dengan lebih dari 900 proyek developer di seluruh Indonesia

3. CIMB Niaga

Karyawati beraktivitas di salah satu cabang Bank CIMB Niaga di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bank CIMB Niaga menawarkan bunga KPR mulai dari 6 persen fixed tiga tahun yang hanya berlaku hingga 30 September 2020.

CIMB Niaga juga memiliki produk KPR Xtra Manfaat. Dengan produk ini, semakin banyak saldo tabungan, semakin ringan bayar bunga KPR. Nasabah bisa menikmati bunga 0 persen dengan cara menjaga saldo tabungan sebesar 125 persen dari Sisa Pokok Pinjaman KPR X-Tra Manfaat. Produk ini menawarkan

4. BCA

Pekerja membersihkan dinding kantor Bank Central Asia (BCA) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/6/2020). Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bank BCA memberikan penawaran suku bunga yang menyesuaikan dengan jangka waktu cicilan, yakni sebesar 7 persen fixed 1 tahun, 7,5 persen fixed 2 tahun, 8 persen fixed 3 tahun, 8,5 persen fixed 4 tahun, serta 8 persen untuk fixed 3 tahun dan 9 persen untuk dua tahun berikutnya.

Keunggulan yang ditawarkan oleh KPR BCA yaitu banyak pilihan suku bunga dan fitur sesuai kebutuhan, angsuran ringan dengan suku bunga floating rendah dan stabil, bebas penalti (kecuali untuk Suku bunga dalam masa Fix 3 thn, 5 thn, Fix & Cap), suku Bunga Fix & Cap kenaikan bunga terkendali, setelah masa Fix takkan melebihi suku bunga Cap.

Kemudian, dapat melakukan top up pinjaman dengan jaminan yang sama dengan pinjaman pertama, selama ketentuan LTV (loan to value) masih mencukupi, dan bekerja sama dengan banyak rekanan developer.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpr bunga kpr suku bunga kpr
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top