Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

UMG Idealab Segera Rampungkan Pendanaan 2 Startup Lokal

Inovator teknologi Kiwi Aliwarga yang juga Founder UMG Idealab menilai, deep tech startup tidak banyak di Indonesia.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 29 Agustus 2020  |  14:09 WIB
Ilustrasi startup -
Ilustrasi startup -

Bisnis.com, JAKARTA – UMG Idealab seed investor pre-series A rutin melakukan funding kepada 5 - 10 startup di seluruh dunia setiap tahunnya. Meski awalnya pendanaan dilakukan dengan “agnostik”, 3 tahun belakangan UMG Idealab mulai fokus dengan core technology startupnya, yakni deep tech, dengan manfaat yang dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Inovator teknologi Kiwi Aliwarga yang juga Founder UMG Idealab menilai, deep tech startup tidak banyak di Indonesia. Faktor kegagalan yang tinggi menjadi pertimbangan banyak VC, namun deep tech menjadi daya tarik yang istimewa bagi Kiwi karena potensi teknologi yang tidak terbatas. 

“Deep tech terkait dengan AI, robotic, biotech, dan inovasi teknologi tinggi lain yang berguna di masa mendatang. Beberapa deep tech yang sudah tergabung ke dalam ekosistem startup UMG Idealab adalah Frogs dengan teknologi drone taxi, MSMB dengan smart farming and fishery 4.0, Svara sebagai platform broadcasting dan podcast, hingga Widya Wicara dengan smart speaker berbahasa Indonesia,” papar Kiwi dalam siaran persnya.

Meski begitu, deep tech bukan satu-satunya faktor utama bagi Kiwi untuk bergabung di ekosistem startup UMG Idealab. Penilaian juga dilihat dari cara eksekusi ide, peluang penerimaan oleh pasar, kesiapan teknologi, kecocokan visi antara founder dengan UMG Idealab, hingga value yang dimiliki jajaran level C startup itu sendiri. Namun, yang tidak kalah penting adalah kejujuran founder.

“Setiap VC memiliki cara unik tersendiri dalam melakukan investasi. Namun di UMG Idealab,  dibutuhkan kejujuran seorang founder sedari awal, yakni jujur dengan diri sendiri dan kepada kami sebagai VC. Kejujuran membuat orang lebih terbuka dan menerima masukan dari orang lain,” tambahnya.

Hingga Agustus ini, UMG Idealab tengah merampungkan pendanaan dengan dua startup lokal. Selain itu, Zay Chin, startup e-commerce asal Myanmar turut meramaikan ekosistem UMG Myanmar. Zay Chin menyediakan produk pangan dan agrikultur dari petani, serupa dengan layanan RiTx di Indonesia di bawah naungan UMG Idealab.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp pendanaan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top