Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

LPEI Dapat Pinjaman US$580 Juta dari Dua Lembaga Keuangan Internasional

Pendanaan tersebut dalam bentuk term loan facility masing-masing dari China Eximbank senilai US$ 200 juta dengan tenor 3 tahun dan  dari PT Bank ICBC Indonesia senilai US$ 380 juta untuk tenor 3 dan 5 tahun.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 28 September 2020  |  15:21 WIB
Indonesis Exim Bank (Bisnis - Dedi Gunawan)
Indonesis Exim Bank (Bisnis - Dedi Gunawan)

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendapat pinjaman sebesar US$580 juta dari China Eximbank dan PT Bank ICBC Indonesia. Kucuran tersebut digunakan untuk memperkuat strategi bisnis.

Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif LPEI, Daniel James Rompas mengatakan bahwa pendanaan tersebut dalam bentuk term loan facility masing-masing dari China Eximbank senilai US$ 200 juta dengan tenor 3 tahun dan  dari PT Bank ICBC Indonesia senilai US$ 380 juta untuk tenor 3 dan 5 tahun.

“Pinjaman tersebut nantinya akan digunakan untuk mendukung kebutuhan modal kerja nasabah LPEI dalam rangka mendorong pertumbuhan ekspor dan impor antara Indonesia dan Tiongkok,” katanya melalui keterangan pers, Senin (28/9/2020).

James menjelaskan bahwa kerja sama antara LPEI dan China Eximbank menunjukkan sinergi antar Eximbank yang tergabung dalam The Asian Exim Banks Forum. Kolaborasi ini semakin erat dan memperkuat di tengah situasi global yang penuh tantangan akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, sinergi dengan PT Bank ICBC Indonesia diharapkan akan membantu percepatan pertumbuhan ekspor nasional melalui penyaluran pembiayaan ke sektor-sektor yang berorientasi ekspor. Pinjaman dari PT Bank ICBC Indonesia ini juga diyakini memberikan ruang bagi LPEI untuk memberikan pembiayaan dengan tenor yang relatif panjang.

"Fasilitas pinjaman ini juga merupakan bentuk kepercayaan dari lembaga keuangan internasional kepada LPEI dalam mendapatkan akses pendanaan guna mendukung kegiatan perdagangan luar negeri. Kami berharap, kerja sama ini akan berlanjut di masa mendatang,’’ jelasnya.

James menuturkan bahwa LPEI akan terus mendukung sektor UKM dan korporasi di dalam negeri agar mampu menembus pasar ekspor. Saat ini, LPEI juga memberikan perhatian kepada supplier dari eksportir yang membutuhkan pembiayaan melalui skema supply chain financing yang memungkinkan produk mereka diekspor lewat perusahaan lain.

“’LPEI juga berkomitmen untuk mencari sumber pendanaan dengan suku bunga kompetitif sekaligus melakukan diversifikasi sumber dana,’’ ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan kredit indonesia eximbank
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top