Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Populer Finansial, Resesi Ekonomi! Banyak Pelunasan, Kredit Bank Anjlok dan Bank Syariah BUMN Hasil Merger Bakal Punya Aset Rp390 Triliun

Berita resesi ekonomi, banyak pelunasan, kredit bank anjlok 318,3 persen jadi berita terpopuler kanal Finansial hari ini, Rabu (14/10/2020).
Laras Devi Rachmawati
Laras Devi Rachmawati - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  17:30 WIB
Karyawan merapikan uang di cash center Bank BNI, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Karyawan merapikan uang di cash center Bank BNI, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

1. Resesi Ekonomi! Banyak Pelunasan, Kredit Bank Anjlok 318,3 Persen

Gara-gara resesi ekonomi, penyaluran kredit perbankan lesu. Pada tahun berjalan, kredit yang dikucurkan tercatat jeblok. Bahkan portofolio perbankan tergerus karena banyaknya pelunasan dibandingkan pertumbuhan pembiayaan.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pada konferensi pers virtual Selasa (13/10/2020) menyebutkan bahwa penyaluran kredit per September 2020 nyaris stagnan, yakni naik 0,12 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Baca berita selengkapnya di sini.

2. BRI Salurkan KUR Rp90,1 Triliun Hingga Kuartal III 2020

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk hingga September 2020 telah menyalurkan lebih dari setengah jatah Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang tersedia.

Penyaluran KUR dengan cepat dan tepat dilakukan dalam rangka mendukung pemulihan perekonomian nasional, khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Ini Lho, Alasan BRISyariah (BRIS) jadi Survivor Merger Bank Syariah BUMN

PT Bank BRIsyariah Tbk. (BRIS) dipilih menjadi cangkang dari merger bank BUMN syariah dengan mempertimbangkan status perseroan sebagai perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Lewat keterbukaan informasi, Bank BRIsyariah, PT Bank BNI Syariah (BNIS), dan PT Bank Syariah Mandiri (BSM) melaporkan telah meneken perjanjian penggabungan bersyarat atau conditional merger agreement (CMA) dalam rangka rencana penggabungan tiga entitas pada Senin (12/10/2020).

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Ini Skenario Kepemilikan Saham di Bank Syariah BUMN Hasil Merger

Skenario merger bank syariah BUMN akan dilakukan melalui penyertaan modal langsung ke PT Bank BRI Syariah Tbk. dengan skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Ekuitas dari PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah akan dihitung sebagai penyertaan.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Bank Syariah BUMN Hasil Merger Bakal Punya Aset Rp390 Triliun

Aset tiga bank syariah milik BUMN yang melakukan merger diproyeksi akan tumbuh 73,3 persen pada 2025 menjadi Rp390 triliun.

Ketua Tim Project Management Office yang sekaligus merupakan Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Hery Gunardi mengatakan, saat legal merger selesai dilakukan pada kuartal I/2020, posisi aset bank tersebut akan sekitar Rp200 triliun sampai Rp225 triliun. Sementara itu, per Juni 2020 total aset ketiga bank syariah tersebut baru senilai Rp214,6 triliun.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Berita Terpopuler
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top