Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perkembangan Transaksi Digital Perbankan Masih Lamban

Bank cenderung ketinggalan melakukan transaksi digital. Dari survei BI tahun lalu, bank masih berada di kuadran pertama yang lebih fokus pada kanal elektronik seperti ATM dan EDC, meski ada beberapa sudah masuk ke kuadran dengan memperkenalkan internet dan mobile banking.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 09 November 2020  |  16:52 WIB
Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng (kedua kiri) berkunjung ke lokasi penukaran uang Rupiah pecahan kecil di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (7/6). - Antara/Widodo S Jusuf
Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng (kedua kiri) berkunjung ke lokasi penukaran uang Rupiah pecahan kecil di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (7/6). - Antara/Widodo S Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Penerapan digital khususnya pada sektor keuangan terakselerasi dengan sangat cepat di tengah pandemi Covid-19.

Namun demikian, peluang tersebut dinilai belum bisa ditangkap oleh industri perbankan. Pasalnya, perbankan masih cukup lamban dalam mengakselerasi layanan digital, jika dibandingkan dengan teknologi finansial (tekfin).

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng mengatakan sumber daya dan populasi Indonesia yang sangat besar, seharusnya dapat menjadi potensi yang akan memacu ekonomi dan keuangan digital semakin berkembang.

Apalagi struktur masyarakat Indonesia yang didominasi oleh kaum milenial. Potensi ini pun bertambah dengan jumlah UMKM yang semakin terdigitalisasi saat ini.

"Bank cenderung ketinggalan melakukan transaksi digital. Dari survei BI tahun lalu, bank masih berada di kuadran pertama yang lebih fokus pada kanal elektronik seperti ATM dan EDC, meski ada beberapa sudah masuk ke kuadran dengan memperkenalkan internet dan mobile banking," katanya, Senin (9/11/2020).

Oleh karena itu, terjadi pergeseran dari pelaku di sistem pembayaran ritel. Pada 2015, sistem pembayaran ritel masih didominasi oleh perbankan. Namun, hingga akhir 2019, transaksi ini mulai bergeser dan peranan industri nonperbankan semakin berkembang.

"Tapi saat ini kondisinya mulai berubah, bank-bank sudah makin menyadari pentingnya ke depan akan era digital, sehingga mereka melakukan langkah penguatan di sisi digital, terlihat dari inisiatif berbagai bank menawarkan layanan digital banking," jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Layanan Keuangan Digital Digital Banking
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top