Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wacana Diskon Pajak Mobil Baru, CNAF Mulai Antisipasi Dampak Mobkas Anjlok

Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman percaya memang akan ada dampak positif kebijakan ini untuk multifinance, seperti angka kredit buat mobil baru yang pasti melonjak.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  15:48 WIB
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas./Antara - Chairul Rohman
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas./Antara - Chairul Rohman

Bisnis.com, JAKARTA - PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) menyiapkan langkah untuk mengantisipasi potensi kerugian jika pemerintah menerapkan diskon pajak untuk mobil baru.

Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman percaya memang akan ada dampak positif kebijakan ini untuk multifinance, seperti angka kredit buat mobil baru yang pasti melonjak.

"Pembiayaan akan meningkat karena rangsangan terhadap masyarakat untuk membeli kendaraan atau mengganti kendaraan lama menjadi baru akan juga meningkat," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (5/1/2021).

Namun demikian, ada dampak negatifnya, yaitu portfolio kelolaan dari perusahaan pembiayaan kemungkinan dibanjiri tingkat pengembalian kendaraan yang lebih tinggi. Tentunya, hal ini karena harga mobil bekas akan terkoreksi tajam akibat harga mobil baru yang murah. Inilah yang menurut Ristiawan patut diantisipasi oleh para multifinance.

"Kita sedang mempersiapkan infrastruktur, bekerja sama dengan Balai Lelang rekanan, supaya dapat menjual kendaraan bekas pengembalian dari nasabah dengan harga yang cukup baik. Caranya melakukan lelang bundling dengan program pembiayaan yang atraktif secara online," jelasnya.

Multifinance anak usaha PT Bank CIMB Niaga Tbk. ini berharap, langkah tersebut bisa menekan kerugian atas dampak negatif kebijakan diskon pajak mobil baru, karena nilai dari mobil bekas yang jatuh masih bisa dikendalikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance mobil bekas leasing
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top