Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rekomendasi 5 Buku Belajar Saham untuk Pemula

Ini 5 buku yang direkomendasikan untuk belajar saham.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 06 Januari 2021  |  13:55 WIB
Karyawan beraktifitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (8/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Karyawan beraktifitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (8/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Investasi saham semakin ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Belakangan semakin semarak dengan munculnya nama-nama tokoh terkenal seperti Ustaz Yusuf Mansur, anak Presiden Jokowi Kaesang Pangarep, hingga Raffi Ahmad. 

Saham diketahui dapat memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Namun bagi orang awam, konsep jual beli saham cukup membingungkan. 

Oleh karena itu kemauan belajar mengenal instrumen pasar modal ini adalah kunci mendulang cuan dari kegiatan trading atau investasi saham. 

Anda bisa memulainya dengan membaca buku belajar saham. Berikut Bisnis.com rekomendasikan 5 buku belajar saham untuk pemula.

1. Invested - Danielle Town


Buku rekomendasi pertama adalah Invested yang ditulis oleh Danielle Town. Buku ini sangat direkomendasikan untuk Anda pemula yang baru ingin belajar tentang dunia saham. Buku Invested bercerita mengenai perjalanan Danielle mengenal saham selama 12 bulan yang mendapatkan banyak bantuan pelajaran dari ayahnya.

Buku yang rilis pada tahun 2018 ini menjadi buku saham best seller dan buku investasi terbaik. Anda bisa menemukan perspektif menarik di dalam buku Invested. Selain itu, buku ini tidak terlalu banyak membahas secara mendalam dan analisis terkait saham.

2. The Intelligent Investor - Benjamin Graham


Warren Buffet adalah investor asal Amerika Serikat dan sekaligus orang terkaya ketujuh di dunia di usia 91 tahun. Prestasi luar biasa ini sebenarnya didukung oleh hobi membaca.

Salah satu buku favorit Buffet adalah The Intelligent Investor yang ditulis oleh seorang ekonom bernama Benjamin Graham, yang juga menjadi panutan bagi Buffett. Apalagi, Buffett mengungkapkan pendapatnya bahwa buku ini adalah buku investasi terbaik yang pernah ia baca.

Dalam buku The Intelligent Investor memperkenalkan filosofi "investasi nilai", yang melindungi investor dari risiko kehilangan uang dan mengajari mereka tentang pentingnya investasi jangka panjang yang menguntungkan. Anda juga bisa mempelajari bagaimana membuat analisa fundamental sebelum akhirnya membeli sebuah produk investasi.

3. Security Analysis - Benjamin Graham and David L. Dodd


Security Analysis juga merupakan buku favorit dan pernah direkomendasikan oleh Warren Buffet, investor tersohor asal Amerika Serikat. Ia mengatakan bahwa buku ini telah memberikannya peta investasi yang sekarang telah dia jalani selama 57 tahun.

Edisi pertama buku ini diterbitkan pada tahun 1934 dan langsung menjadi populer, sehingga dianggap sebagai "kitab suci" bagi para investor. Apalagi, teori-teori yang dikemukakan Graham telah mengubah sepenuhnya kegiatan investasi.

Security Analysis disarankan bagi investor muda yang lebih paham tentang jargon dan konsep dasar investasi. Anda akan mempelajari cara terbaik untuk menganalisis prospek investasi yang menguntungkan, membandingkan potensi perusahaan sebelum membeli saham hingga menelusuri riwayat keuangan.

4. Rich Dad, Poor Dad - Robert Kiyosaki


Buku rekomendasi keempat adalah Rich Dad, Poor Dad yang disusun dengan bahasa yang kasual dan mudah dimengerti untuk pemula. Buku ini menjelaskan kepada pembaca bagaimana orang miskin yang dilatih untuk bekerja demi, sedangkan orang kaya bekerja untuk mendapatkan pengetahuan.

Anda akan mendapatkan banyak pelajaran mengenai bagaimana mengelola keuangan, sehingga Anda dapat hidup dengan keadaan keuangan yang lebih stabil. Selain itu, di buku ini, Anda juga bisa mempelajari prinsip dasar memulai investasi yang menguntungkan. Kiyosaki mengajari Anda cara mengalokasikan uang ke dalam tiga aset utama, yakni properti, bisnis, dan saham atau obligasi.

5. Investory - Andhika Diskartes


Buku berikutnya yang cocok untuk dipelajari oleh pemula adalah Investory dari Andhika Diskartes. Buku ini mengupas segala hal terkait investasi dari level yang mudah untuk para pemula yang memiliki keinginan besar berkecimpung di dunia pasar modal.

Investory cocok untuk semua orang yang belum paham mengenai finansial. Tidak hanya sekadar menyajikan teori, buku ini juga menyuguhkan beberapa contoh yang terjadi di pasar saham Indonesia. Gaya bahasa yang dikemas dalam buku Investory juga ringan dan mudah dimengerti orang awam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi investasi yusuf mansur
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top