Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantul! Penyaluran KUR Bank BUMN 2020 Capai Rp188 Triliun, Tembus Target

Pada 2020 target penyaluran KUR oleh Himbara mencapai Rp186,6 triliun.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 18 Januari 2021  |  17:44 WIB
Logo Bank BUMN - Istimewa
Logo Bank BUMN - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian BUMN menyebut penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) oleh Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) telah melampaui target yang dipasang pada tahun lalu.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan saat ini Himbara merupakan pemain utama dalam penyaluran KUR. Pada 2020 target KUR Himbara mencapai Rp186,6 triliun.

Hingga akhir tahun lalu realisasi KUR telah mencapai Rp188,11 triliun. Jumlah tersebut disalurkan kepada 5,8 juta debitur.

Tiko, sapaan akrab Kartika, mengatakan Himbara telah mengajukan plafon KUR senilai total Rp253 triliun pada tahun ini. Peningkatan tersebut didorong jumlah peminat KUR yang semakin besar.

"[Dengan peningkatan KUR] sehingga semakin banyak UMKM memiliki akses yang semakin besar pada pinjaman murah dengan subsidi bunga pemerintah," katanya.

Selama masa pandemi, Himbara terus fokus pada restrukturisasi kredit kepada pelaku UMKM. Himbara telah memberikan restrukturisasi kredit senilai Rp189 triliun kepada 2,9 juta UMKM terdampak pandemi.

Di samping itu, Himbara telah menyalurkan subsidi bunga kepada 6,5 juta rekening KUR dan nonKUR. Dia mengatakan Kementerian BUMN terus memberikan dorongan dan keringanan terhadap UMKM sehingga mampu memajukan usahanya dan keringanan dalam membayar kewajiban keuangannya.

"[Kita] harapkan paska pandemi Covid-19 mereka bisa survive dan bangkit lagi," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kur kementerian bumn bank bumn kartika wirjoatmodjo himbara
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top