Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Holding Ultra Mikro, PNM Fokus Jaga Benefit Buat UMKM Binaan

Hal ini karena PNM memiliki tugas sebagai tangan kanan pemerintah dalam rangka memberikan tiga modal dasar buat pelaku usaha mikro, yakni modal finansial, modal intelektual, dan modal sosial.
Kantor PNM/pnm.co.id
Kantor PNM/pnm.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Apapun keputusan pemerintah terkait wacana holding BUMN ultra mikro, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) akan fokus ikut mengkaji dampak positif buat para usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengungkap fokus ini diambil karena memang sudah fungsi dan tugas perseroan selaku lembaga pemberdayaan usaha mikro pelat merah, yang sudah sewajarnya tak memprioritaskan benefit dan profit korporasi semata.

"Harapan kami, [UMKM] binaan-binaan kami dengan masuk ke ekosistem yang lebih besar, akan terbangun jejaring usaha yang lebih luas karena pasti ada keterkaitan usaha antarpelaku, kan? Ini pasti menjaga keberlanjutan usaha mereka yang masuk dalam ekosistem. Itu memang salah satu mimpi PNM," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (3/2/2021).

Oleh sebab itu, PNM jelas menyambut baik wacana holding ultra mikro bersama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Pegadaian (Persero) ini, dengan harapan memberikan suatu ekosistem jaringan komunikasi yang lebih besar buat para UMKM.

Terutama, aktivitas yang mampu memberikan nilai lebih bagi UMKM, karena PNM bukanlah lembaga penyalur pinjaman modal kerja semata, tapi feeder wirausaha baru, serta aktualisasi masyarakat dan peningkatan produktivitas masyarakat akar rumput.

"Karena PNM itu kan memberikan tiga modal. Pertama, memang modal finansial, berikutnya modal intelektual. Nah, terakhir, modal sosial ini, salah satunya membangun jejaring antarsesama UMKM," tambahnya.

Sekadar informasi, berdasarkan data PNM per awal Desember 2020, penyaluran program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) mencapai Rp24,46 triliun, sementara program Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) mencapai Rp2,46 triliun sepanjang tahun.

Sehingga apabila ditotal, penyaluran PNM di semua lini pada periode 2020 mencapai Rp26,92 triliun, dengan outstanding tersisa Rp22,64 triliun. Sementara pada 2021, PNM menargetkan penyaluran total bisa tembus Rp38 triliun.

Per November 2020, coverage area PNM mencapai 4.367 kecamatan dan 436 kabupaten, diiringi peningkatan kantor cabang Mekaar dari 2.169 menjadi 2.659 kantor. Targetnya, jangkauan layanan PNM mencapai 5.000 kecamatan di 34 Provinsi.

Terakhir, terkait jumlah nasabah, program Mekaar jumlahnya mencapai 7,73 juta nasabah dan ditargetkan mencapai 9,6 juta nasabah pada 2021. Adapun, program ULaMM kini mencapai 85.436 nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper