Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transaksi Agen BRILink Meroket, BRI Kantongi Pendapatan Komisi Rp1,16 Triliun

Direktur Utama BRI Sunarso menyebut jumlah agen BRILink saat ini telah mencapai 504.233 agen, meningkat pesat dibandingkan dengan lima tahun sebelumnya, yang hanya 75.000 agen.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 04 Februari 2021  |  08:44 WIB
Ilustrasi aktivitas pelayanan Bank BRI - Antara/A. Jarot Nugroho
Ilustrasi aktivitas pelayanan Bank BRI - Antara/A. Jarot Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mencatat pertumbuhan jumlah agen BRILink telah mencapai lebih dari enam kali lipat selama kurun waktu lima tahun. Hal tersebut berdampak pada perolehan pendapatan berbasis komisi atau fee based income dari transaksi tersebut yang juga meningkat pesat.

Direktur Utama BRI Sunarso menyebut jumlah agen BRILink saat ini telah mencapai 504.233 agen. Jumlah agen tersebut meningkat pesat dibandingkan dengan lima tahun sebelumnya, yang hanya 75.000 agen.

"Yang menakjubkan adalah agen BRILink, saya masih ingat, kami punya 75.000 agen BRILink di 2015. Transaksinya masih kecil dan waktu itu kami hanya menghasilkan fee based Rp3 miliar," katanya dalam rapat dengan Komisi XI DPR, dikutip Kamis (4/2/2021).

BBRI kemudian melakukan transformasi sehingga saat ini memiliki 504.233 agen BRILink. Dari jumlah tersebut, transaksi finansial tercatat mencapai Rp727,62 triliun pada 2020. Nilai transaksi finansial itu naik 8 persen dari tahun 2019 senilai Rp673 triliun.

Dari transaksi finansial tersebut, perseroan mengantongi fee based income sebesar Rp1,16 triliun. Sunarso meyakini total fee yang diterima agen secara keseluruhan sekitar tiga kali lipat.

"Lewat agen BRILink fee bisa mencapai Rp1,16 triliun. Artinya fee yang diterima masyarakat tidak kurang dari tiga kali lipat karena fee resminya itu Rp5.000, dibayarkan ke BRI Rp2.000 dan Rp3.000 ke agen. Ini sharing economy yang luar biasa," lanjutnya.

Jasa Laku Pandai melalui Agen BRILink merupakan salah satu dari upaya BRI memberikan dukungan terhadap pemulihan ekonomi nasional.

Dukungan lainnya seperti melalui pengembangan web pasar yakni pasar.id, program KMK Tangguh melalui KUR Super Mikro, dan kolaborasi dengan fintech, e-commerce, dan ride hailing dalam pencairan pinjaman.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri fee based income bank bumn laku pandai
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top