Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Topang PEN, Jamkrindo Jamin 702.076 Debitur Kredit Modal Kerja

Direktur Utama Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan menjelaskan bahwa angka penjaminan itu merupakan total realisasi hingga Rabu (17/2/2021). Penjaminan sebesar Rp10,74 triliun itu dilakukan oleh induk dan unit usaha, yakni Jamkrindo sebesar Rp7,44 triliun dan Jamkrindo Syariah Sebesar Rp3,30 triliun.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  12:56 WIB
Pergantian pengurus Jamkrindo - Jamkrindo
Pergantian pengurus Jamkrindo - Jamkrindo

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jamkrindo catatkan penjaminan terhadap 702.076 debitur Kredit Modal Kerja. Perluasan penjaminan dinilai sebagai salah satu upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Direktur Utama Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan menjelaskan bahwa angka penjaminan itu merupakan total realisasi hingga Rabu (17/2/2021). Penjaminan sebesar Rp10,74 triliun itu dilakukan oleh induk dan unit usaha, yakni Jamkrindo sebesar Rp7,44 triliun dan Jamkrindo Syariah Sebesar Rp3,30 triliun.

“Jamkrindo telah bekerja sama dengan berbagai kalangan, utamanya perbankan untuk mendorong agar program [penjaminan] tersebut bisa berjalan dengan sukses,” ujar Putrama pada Kamis (18/2/2020) melalui keterangan resmi.

Dia menjelaskan bahwa tujuan pemberian kredit tersebut untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha, khususnya usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM). Penjaminan menjadi sangat dibutuhkan untuk menambah keyakinan perbankan dalam menyalurkan kredit modal kerja.

Skema penjaminan Kredit Modal Kerja UMKM diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 71/2020. Dalam pelaksanaannya, pemerintah menugaskan Jamkrindo dan PT Askrindo selaku anggota holding Indonesia Financial Group (IFG), untuk melaksanakan penjaminan program PEN.

Menurut Putrama, penugasan kedua perusahaan itu mempertimbangkan fungsinya dalam menjaga penyaluran kredit kepada masyarakat. Selain itu, program penjaminan pun tetap mempertimbangkan kemampuan keuangan negara dan kesinambungan fiskal.

”Kami tidak hanya memberikan pinjaman kemitraan tetapi juga turut melakukan pendampingan bagi pelaku UMKM mitra binaan,” ujar Putrama.

Sebagai perusahaan penjaminan kredit, Jamkrindo menawarkan produk penjaminan program maupun penjaminan nonprogram. Pada penjaminan program, Jamkrindo memiliki produk penjaminan KUR, penjaminan KMK dalam rangka PEN, penjaminan sistem resi gudang, dan penjaminan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Adapun, produk penjaminan non-program, di antaranya adalah penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan kredit multiguna, penjaminan distribusi barang, surety bond, customs bond, penjaminan keagenan kargo, penjaminan supply chain financing (invoice financing), penjaminan kredit kendaraan bermotor (KKB/OTO), penjaminan kredit pemilikan rumah (KPR), penjaminan capital management guarantee (CGM), dan penjaminan bagi lembaga fintech.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit jamkrindo kredit modal kerja
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top