Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasarkan Lagi Sukuk Ritel Pemerintah, Investree Incar Investor Muda

Sebagai nilai tambah bagi investor, Investree kembali menghadirkan bonus hingga Rp1,4 juta berdasarkan total pemesanan SR014 melalui aplikasi mobile Investree for Lender.
Ketua Umum Asosiasi Pendanaan Fintech Bersama Indonesia yang juga  CEO Investree Adrian A Gunadi, memberikan penjelasan pada diskusi Digital Economic Forum di Jakarta, Kamis (28/3/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Ketua Umum Asosiasi Pendanaan Fintech Bersama Indonesia yang juga CEO Investree Adrian A Gunadi, memberikan penjelasan pada diskusi Digital Economic Forum di Jakarta, Kamis (28/3/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Platform teknologi finansial peer-to-peer (fintech P2P) lending, PT Investree Radhika Jaya atau Investree masih akan menjadi mitra distribusi surat berharga terbitan pemerintah.

Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi menjelaskan pihaknya akan ikut menjadi mitra distribusi penjualan Sukuk Ritel seri SR014 mulai 26 Februari hingga 17 Maret 2021. 

"Tahun 2021 diharapkan menjadi tahun pemulihan bagi negeri beserta seluruh masyarakat. Melalui penjualan SR014, kami mendukung penuh upaya Pemerintah untuk menghidupkan ekonomi melalui aktivitas investasi yang aktif dan konsisten oleh masyarakat," ujar Adrian dalam keterangannya, dikutip Sabtu (27/2/2021).

Adrian berharap Investree dapat melanjutkan kontribusi dalam meningkatkan partisipasi dan animo investor domestik, kepada SR014 sebagai alternatif investasi yang sesuai prinsip syariah, aman, mudah, terjangkau, dan penuh manfaat.

"Sampai saat ini, investor SBN/SBSN di Investree didominasi oleh investor berumur 19-34 tahun, mencapai 62 persen dari seluruh investor SBN/SBSN yang terdaftar di platform Investree," tambahnya.

Hasil penjualan SR014 akan dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan infrastruktur serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional. 

Sebelumnya, Investree juga telah melangsungkan berbagai upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional selain melalui penawaran SR014 dan produk SBN/SBSN sebelumnya, yaitu dengan menyalurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp50,2 miliar kepada UKM melalui platform Investree.

Dana ini telah disalurkan secara cepat dan tepat sasaran kepada UKM atau Borrower Investree yang sangat membutuhkan dukungan pendanaan untuk membangkitkan bisnisnya serta dinilai mampu memanfaatkan dana PEN secara optimal.

Tidak hanya itu, Investree juga telah melakukan restrukturisasi fasilitas pinjaman terhadap 7 (tujuh) UKM peminjam dana (borrower) yang terdampak Covid-19 dengan total pinjaman yang direstrukturisasi sebesar Rp9,86 miliar.  

Hal ini tentu dilaksanakan dengan mematuhi peraturan yang berlaku, tepatnya POJK No. 58/2020 tentang Perubahan POJK No. 14/2020 yang membahas Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 bagi Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank; penetapan kualitas aset berupa pembiayaan dan restrukturisasi pembiayaan bagi debitur yang terdampak Covid-19.

SR014 merupakan produk investasi berlandaskan prinsip-prinsip syariah, yakni tidak melibatkan unsur perhitungan bunga (riba), judi (maisir), penipuan (gharah), dan tidak mendatangkan kerugian kepada orang lain (mudarat). SR014 dibuat dengan mengacu pada struktur akad-akad syariah dan dituangkan ke dalam dokumen hukum penerbitan. 

Bagi investor syariah domestik, SR014 dapat memperkaya alternatif instrumen investasi syariah dan mendiversifikasi portofolio investasi secara efektif. Mulai hari ini, masyarakat sudah bisa memesan SR014 di Investree melalui situs web investree.id/marketplace/sbn dan aplikasi mobile Investree for Lender.

Dengan tingkat imbalan tetap sebesar 5,47 persen p.a., SR014 memiliki tenor 3 (tiga) tahun dengan nominal minimal pemesanan yang terjangkau yaitu Rp1 juta. Investor akan menikmati manfaat lainnya seperti rasa aman karena dijamin oleh pemerintah; pemesanan mudah, 100 persen online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper