Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rasio Kredit Bermasalah Dekat Ambang Batas, Ini Penjelasan BVIC

Manajemen Bank Victoria optimistis kondisi perseroan akan membaik seiring dengan pemulihan ekonomi dan perbaikan proses operasional bisnis.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  15:42 WIB
Bank Victoria - victoriabank.co.id
Bank Victoria - victoriabank.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Victoria Tbk. menyatakan kualitas kredit tahun ini akan semakin baik dengan pemulihan ekonomi dan perbaikan proses operasional bisnis.

Adapun, rasio kredit bermasalah gross berada pada 8,29 persen dengan net berada pada 4,76 persen. Posisi ini berada dekat pada ambang batas yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu sebesar 5 persen.

Wakil Direktur Utama Bank Victoria Rusli mengaku kualitas kredit perseroan tertekan akibat pandemi. Namun, dia optimistis kondisi tersebut akan membaik seiring dengan pemulihan ekonomi dan perbaikan proses operasional bisnis.

"Kondisi ekonomi tahun ini sudah mulai menunjukkan geliat ekonomi lebih baik. Kami pun optimistis tren NPL ini akan lebih baik. pemerintah pun sangat proaktif dengan program pemulihan ekonominya," sebutnya dalam Pubex Bank Victoria, Rabu (3/3/2021).

Dia menerangkan selama tahun lalu perseroan fokus untuk menjaga kondisi keuangan debitur yang terdampak pandemi. Banyak pelaku usaha berkualitas justru akhirnya ikut terdampak akibat pembatasan kegiatan ekonomi.

Bank Victoria pun mencoba melakukan penyisiran debitur-debitur terdampak dan melakukan restrukturisasi. Total restrukturisasi mencapai 30 persen hingga 40 persen dari baki kredit Bank Victoria sekitar Rp13,7 triliun.

"Sebenarnya kami juga melakukan negosiasi secara aktif dengan debitur. Kami mendorong debitur untuk juga aktif menyisir aset tak produktifnya guna meningkatkan kualitas kreditnya," sebutnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit bermasalah bank victoria emiten bank
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top